Survei: Hanya Tujuh Parpol Lolos ke DPR

Jakarta, KabarBerita.id — Terkait elektabilitas partai politik (parpol), hasil Charta Politika menunjukkan hanya tujuh parpol yang melewati ambang batas parlemen 4 persen jika Pemilu diselenggarakan pada hari ini.

Mereka adalah PDIP 22,8 persen, Gerindra 17,5 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 9,4 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6,8 persen, Partai Demokrat 6,6 persen, Golkar 6,6 persen, serta Partai NasDem 4,8 persen.

Untuk diketahui, Charta Politika memilih responden secara acak dalam survei ini dengan kriteria minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Unit sampling primer survei ini adalah desa atau kelurahan, dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 120 desa atau kelurahan yang tersebar di Indonesia.

Dalam survei sebelumnya yang dipaparkan New Indonesia Research & Consulting, elektabilitas Puan belum terkerek naik meski memasang baliho. Bahkan, Puan masih kalah dari AHY sebagai sesama pemasang baliho.

Survei itu dilakukan pada 21-30 Juli 2021 kepada 1.200 orang responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya. Margin of error +/- 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Tinggalkan Balasan