Berita  

Spurs Hajar Soton 5-2, Kane Cetak Trigol

LONDON, Kabarberita.id – Tottenham Hotspur menyenangkan pendukungnya usai menghempaskan Southampton dengan skor 5-2. Harry Kane menginspirasi kemenangan Spurs dengan sumbangan trigol.

Pada pertandingan Boxing Day di Wembley, Selasa (26/12/2017) malam WIB, Tottenham mengungguli Southampton dua gol di babak pertama lewat gol-gol Kane. Selepas jeda, dua gol lain bersarang di gawang the Saints dari kaki Dele Alli dan Son Heung-min.

Meski tertinggal empat gol, Southampton mampu menciptakan gol balasan dari Sofiane Boufal. Akan tetapi, tidak lama kemudian Kane menciptakan hat-tricknya sekaligus memperbesar skor Tottenham menjadi 5-1, sebelum Dusan Tadic mencetak gol hiburan lainnya untuk Southampton.

Southampton mengawali serangan, tapi Tottenham yang berhasil menciptakan ancaman. Di menit kelima, pergerakan Son Heung-min di sisi kiri di akhiri dengan umpan mendatar ke kotak penalti. Kiper Fraser Forster menepis bola yang jatuh kepada Serge Aurier, namun tembakannya diblok Matt Targett.

Peluang lain dari Spurs semenit kemudian. Dari serangan balik cepat, Dele Alli menembus tengah lapangan untuk menyodorkan umpan kepada Christian Eriksen, tapi penyelesaian Harry Kane di tiang dekat gawang melenceng di samping gawang.

Tottenham terus menguasai jalannya permainan, namun mulai kesulitan menembus pertahanan Southampton yang lebih rapat. Pelanggaran Pierre Hojbjerg terhadap Danny Rose membuat Tottenham dihadiahi tendangan bebas.

Gol yang ditunggu-tunggu Spurs akhirnya tercipta di menit ke-22. Dari tendangan bebas Eriksen, Kane dengan bebas menyundul bola untuk merobek gawang Southampton. Spurs memimpin 1-0.

Tottenham hampir membuat blunder semenit kemudian. Dari tembakan Sofiane Boufal yang ditepis Hugo Lloris, bola dihalau Rose dengan sundulan kepada si kiper. Bola terlalu tinggi bagi Lloris, yang dibuat kelabakan menangkapnya di dekat tiang gawang.

Akhirnya di menit ke-39, Tottenham memperbesar keunggulannya atas Southampton menjadi 2-0. Kerjasama Dele Alli dengan Son di akhiri Kane dengan sontekan mudah dari depan gawang.

Memasuki lima menit terakhir, Spurs mengklaim penalti setelah Son dijatuhkan di kotak penalti Southampton tapi ditolak wasit. Di masa injury time, Kane nyaris mencetak hat-trick dengan tendangan cukil jarak jauh, tapi bola masih melambung tipis di atas gawang Southampton.

Setelah turun minum, Spurs melanjutkan dominasinya. Hanya tiga menit setelah kickoff, gawang Southampton jebol lagi. Dari kerjasamanya dengan Son, Dele Alli mengirim sepakan mendatar dari luar kotak penalti, tidak kencang namun terukur yang sukses memperbesar skor menjadi 3-0.

Duo pemain tersebut menghasilkan gol lain bagi Spurs hanya dua menit kemudian. Kali ini giliran Son yang mengukir namanya di papan skor lewat sepakan dari sisi kanan kotak yang mengarah ke tiang jauh. Spurs 4, Southampton 0.

Tertinggal, Southampton tidak lantas kehilangan nafsu mencetak gol balasan. Di menit ke-64, Southampton menipiskan skor menjadi 1-4 lewat Boufal lewat sepakan dari sudut sempit yang tidak sanggup dihentikan Lloris di tiang dekat.

Namun, hanya tiga menit berselang Spurs mengembalikan jarak empat gol lewat Kane sekaligus hat-trick buat si pemain. Dari perebutan bola di pinggir lapangan, Alli menguasai bola dan menggiringnya ke depan. Operan terobosan diterima Kane, yang menyelesaikannya dengan tendangan cukilan yang bersarang di pojok bawah gawang Southampton. Skor kini 5-1.

Spurs tampak kehilangan konsentrasi setelah mencetak gol kelimanya, yang dimanfaatkan Southampton di menit ke-82. Dari situasi sepak pojok, Lloris menghalau bola yang justru bergulir ke jalur Dusan Tadic. Dari tepi kotak, Tadic melepaskan tembakan kaki kiri yang kali ini tidak sanggup dihentikan Lloris. Southampton menipiskan skor 2-5.

Di sisa waktu, tidak ada gol lain yang tercipta. Skor 5-2 untuk keunggulan Spurs bertahan sampai laga selesai.

Dengan hasil ini, Spurs kembali ke zona Liga Champions dengan naik ke posisi empat klasemen sementara. Tim London Utara itu mengantongi 37 poin, untuk menggusur Liverpool yang baru akan bertanding beberapa jam lagi.

Sementara Southampton turun ke peringkat 13 dengan perolehan 19 poin, hanya berjarak tiga poin dari Bournemouth di zona degradasi.

Susunan Pemain

SOUTHAMPTON: Forster; Stephens, Yoshida, Hoedt, Targett (McQueen 77′); Hojbjerg, Romeu, Lemina (Gabbiadini 63′); Boufal, Long, Redmond (Tadic 63′)

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris; Aurier, Sanchez, Vertonghen, Rose; Dier, Dembele (Sissoko 54′); Eriksen, Alli (Winks 84′), Son (Lamela 76′); Kane. 

Tinggalkan Balasan