Sebulan TNI Masih Upayakan Pencarian Pilot Susi Air dari KKB

Jakarta, KabarBerita.id — Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan aparat terus berupaya untuk mencari pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Ia menyebut semua strategi dan peluang dimanfaatkan untuk membebaskan Philip, di antaranya soft approach dan hard approach.

“Pencarian on progress. Semua strategi dan peluang digunakan,” kata Julius saat dihubungi, Selasa (27/6).

Sebelumnya, Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Ramdhani mengatakan lokasi pilot itu sudah terpetakan.

Philip disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pada 26 Mei atau sebulan yang lalu, KKB merilis video yang menunjukkan kondisi Philip. Pilot berkebangsaan Selandia Baru itu menyebut KKB akan menembaknya jika tidak ada negosiasi dalam dua bulan ke depan.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pemerintah tidak akan melibatkan negara lain dalam membebaskan Philip.

Menurutnya jika pemerintah menerima bantuan dari baik dari negara lain atau LSM internasional, maka akan ada pihak lain lagi yang akan ikut campur, termasuk Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Apapun taruhannya tidak boleh internasional ke situ, karena kalau itu diiyakan, nanti akan merembet, ke PBB, ke mana. Ternyata ada ini, ada itu. Sehingga kita tolak setiap upaya campur tangan internasional yang disodorkan oleh LSM internasional yang datang ke kita,” kata Mahfud beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan