Pilkada DKI, PDIP Siapkan Ahok, Andika Hingga Basuki Hadimuljono

Jakarta, KabarBerita.id — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah melakukan persiapan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Sejumlah tokoh terkemuka, termasuk beberapa pejabat tinggi negara, telah dipertimbangkan sebagai calon potensial.

 

Menurut Pantas Nainggolan, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta, proses seleksi masih berlangsung, dan semua calon memiliki kesempatan yang sama. Seleksi dilakukan berdasarkan tiga kriteria utama: komitmen terhadap ideologi Pancasila, kemampuan memenuhi harapan masa depan Jakarta, dan komitmen terhadap persatuan dan toleransi.

 

Berikut beberapa nama yang sedang dipertimbangkan oleh PDIP untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta:

 

1. Tri Rismaharini (Risma), Menteri Sosial

2. Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB)

3. Prasetyo Edi Marsudi, Mantan Ketua DPRD DKI Jakarta

4. Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

5. Andika Perkasa, Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI)

6. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Mantan Gubernur DKI Jakarta

 

Meskipun begitu, PDIP juga membuka kesempatan bagi warga di luar partainya untuk mendaftar sebagai calon gubernur Jakarta. Proses seleksi akan dilakukan secara transparan dan melalui tahapan yang adil.

 

Faktor elektabilitas menjadi pertimbangan penting dalam menentukan calon yang akan diusung, tetapi PDIP tetap memprioritaskan kader partainya. Meskipun begitu, nilai-nilai dasar seperti komitmen terhadap Pancasila tetap menjadi fokus utama dalam pemilihan calon.

Tinggalkan Balasan