Berita  

RS Lapangan BSMI Jadi Alternatif Pengobatan Warga Sigi

Sigi, KabarBerita.id — Rumah Sakit Lapangan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) yang beroperasi di Jalan Pramuka, Sigi Biromaru, Sigi, Sulawesi Tengah, kini menjadi alternatif bagi warga setempat untuk berobat setelah gempa bumi dan tsunami melanda wilayah tersebut pada 28 September 2018.

Ketua Umum BSMI Djazuli Ambari dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Selasa, menyatakan, sebelumnya banyak korban gempa di Sigi yang menderita luka-luka harus pergi ke Palu karena akses bantuan medis di Sigi masih minim.

“Sekarang korban gempa yang terluka dan pengungsi yang terserang penyakit di Sigi mulai berdatangan ke RS Lapangan BSMI,” kata Djazuli.

Djazuli menambahkan, RS Lapangan BSMI di Sigi dilengkapi dengan fasilitas standar RS Lapangan yang berdiri di berbagai wilayah bencana.

RS Lapangan BSMI di Sigi memiliki fasilitas seperti saat di Lombok seperti IGD, poliklinik umum, poli spesialis, rawat inap, kamar operasi/tindakan, farmasi, laboratorium, fisioterapi, dapur umum dan MCK.

Djazuli menambahkan, semenjak ditunjuk Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai penanggung jawab penanganan kesehatan di Sigi, maka BSMI mendapat bantuan dua tenda besar dan lampu utama dari BNPB dan instalasi air dari Kementerian ESDM untuk pendirian RS Lapangan.

“RS Lapangan BSMI dijaga oleh lima dokter umum, sembilan perawat, satu bidan, satu fisioterapis, seorang analis, dua apoteker, 10 relawan umum, tiga tim dapur umum dan dua teknisi,” ujar Djazuli.

Tinggalkan Balasan