Berita  

Romy PPP Berdalih Salurkan Aspirasi, KPK: Kami Punya Bukti Rekaman

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romi menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) pada Jumat (22/3). Seperti dalam pemeriksaan dua tersangka lainnya pada Kamis (21/3), KPK juga mengambil contoh suara Romi dalam pemeriksaan.

Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, pengambilan contoh suara itu karena KPK telah mengantongi bukti adanya pembicaraan Romi terkait jual beli jabatan.

“KPK sudah memiliki bukti yang kuat sebelumnya, tentang adanya komunikasi-komunikasi atau pertemuan yang membicarakan terkait dengan misalnya, pengisian jabatan atau terkait dengan dugaan aliran dana atau hal-hal lain yang relevan,” kata Febri.

Menurut Febri, contoh suara ketiga tersangka ini dilakukan untuk kepentingan penyidikan. Termasuk mencocokkan contoh suara dengan bukti yang dimiliki sebelumnya.

Romi ditangkap tangan bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin pada Jumat (15/3).

Ketiganya kemudian ditetapkan sebagai tersangka penerima dan pemberi suap. Muafaq dan Haris diduga telah menyuap Romi untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag.

Sebelum pemeriksaan, Romi berjanji akan bersikap kooperatif dalam proses hukum yang menjeratnya. Anggota DPR RI Komisi XI itu ingin menjelaskan semuanya kepada penyidik KPK.

“Saya akan sangat kooperatif dan menjelaskan semua persoalan ini kepada KPK. Agar mereka (penyidik) mendapat perspektif yang terang dan tidak ada yang ditutup-tutupi dan mereka juga akan permudah untuk segera menyelesaikan pemberkasan kasus,” kata Romi.

Romi kembali menegaskan dirinya tak pernah terlibat suap beli jabatan di Kemenag. Menurut dia, yang ia lakukan hanyalah menyalurkan aspirasi sebagai seorang anggota DPR dan ketua umum partai. Romi justru mengaku prihatin bila benar ada suap beli jabatan di Kemenag

“Yang saya lakukan adalah meneruskan aspirasi sebagai anggota DPR, sebagai ketua umum partai pada saat itu, banyak sekali, pihak-pihak yang menganggap saya sebagai orang yang bisa menyampaikan aspirasi tersebut kepada pihak-pihak yang memang memiliki kewenangan,” kata Romi.

Tinggalkan Balasan