Berita  

Relokasi Tahap Kedua Sinabung Selesai Maret

Medan, KabarBerita.id — Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menargetkan relokasi mandiri tahap kedua pengungsi Sinabung, Karo, Sumut dengan total sebanyak 1.650 kepala keluarga selesai dilakukan pada akhir Maret 2018.

“Kalau selesai tahap kedua, maka akan dilanjutkan relokasi mandiri tahap ketiga untuk sebanyak 1.098 KK (kepala keluarga),” ujar Kepala BNPB, Willem Rampangilei di Medan, Rabu.

Dia mengatakan itu saat bersama Wakil Gubernur Sumut Hj. Nurhajizah Marpaung mengunjungi pengungsi korban bencana erupsi Sinabung, di Kecamatan Simpang Empat, Karo.

Dia menjelaskan, relokasi mandiri tahap pertama yang dilakukan di Siosar sudah selesai tahun 2017 untuk sebanyak 370 KK.

Sementara relokasi mandiri tahap kedua yang sebanyak 1.650 KK masih selesai 879 KK dan sisanya ditargetkan bisa pada akhir Maret 2018.

“Saya sudah melihat dan berbicara langsung dengan masyarakat yang menempati hunian sementara III maupun hunian tetap sehingga sudah mengetahui apa permasalahan seperti keluhan tentang air bersih dan listrik,” ujarnya.

Willem Rampangilei menegaskan, untuk relokasi mandiri tahap ketiga akan dibangun 1.098 unit rumah, di mana untuk kebutuhan pemukiman masih tahap pembebasan lahan (land clearing) dan untuk kebutuhan lahan sedang proses perizinan.

Dia mengakui yang masih menjadi masalahan adalah dengan berkembangnya data kepemilikan lahan.

Tinggalkan Balasan