Berita  

Ratusan Demonstran Hongkong Setia di Jalanan Meski Diguyur Hujan

Hongkong, KabarBerita.id — Di tengah guyuran hujan, ratusan ribu demonstran tetap membanjiri ruas-ruas jalan Hong Kong pada Minggu (18/8).

Para pengunjuk rasa terlihat tetap bersemangat menggelar aksi damai di bawah lindungan payung walau polisi menghalangi mereka beraksi.

Setelah beberapa pekan berakhir ricuh, demonstrasi pada Minggu ini kembali berjalan damai. Jumlah pengunjuk rasa pun dilaporkan meningkat drastis hingga 1,7 juta orang pada malam hari.

Kepolisian menyatakan bahwa izin sebenarnya hanya dikeluarkan untuk unjuk rasa di taman. Di lokasi tersebut, demonstran mencapai 128 ribu, tak termasuk yang berhamburan ke jalan.

Hingga aksi berakhir pada Senin (19/8) pagi, tak terlalu banyak konfrontasi langsung antara kepolisian dan massa.

“Hari sudah sangat panjang dan melelahkan, tapi melihat banyak orang datang di tengah hujan, berarak demi Hong Kong, memberi kekuatan buat semuanya,” ujar seorang demonstran, Danny Tam, kepada AFP.

Danny sendiri mengaku terharu ketika melihat para pengunjuk rasa tetap beraksi dengan damai dan tak ada pihak yang memprovokasi hingga kepolisian harus bertindak seperti pada demonstrasi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan