Produksi dan Penjualan Pandai Besi Meningkat Berkat Bantuan Modal Usaha Bantaeng

Bantaeng, KabarBerita.id — Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengunjungi Dusun Bunga Biraeng, Desa Lumpangang, Kecamatan Pa’jukukang.

Di sana Bupati mengunjungi usaha pandai besi yang telah menerima dan merasakan manfaat program bantuan modal usaha berbasis Dusun dan RW pemerintah Kabupaten bantaeng. Pandai besi ini telah mendapatkan bantuan pada tahun 2021 sebesar 30.530.000.

Ilham selaku pengusaha pandai besi mengatakan sangat terbantu dengan program unggulan Bupati bantaeng tersebut. Dari bantuan tersebut ia dapat menambah alat produksi berupa mesin tempa besi otomatis yang dibeli langsung dari jawabarat gerinda, mesin las dan bahan baku.

Ia melanjutkan sebelum menerima bantuan ia menempa besi dengan manual.

sebelumnya dengan cara produksi tradisional usahanya hanya mampu memproduksi 15 golok dan  celurit perharinya.

Dengan usaha besi yang berkembang Ilham juga telah mempekerjakan tetangga serta keluarganya di sekitar rumah.

Setelah kunjungan itu Ilham memberikan Cinderamata berupa Badik hasil produksi usaha pandai besi nya kepada Bupati Bantaeng.

Pada tersebut cukup spesial karena dibuat selama dua minggu. Waktu yang cukup lama untuk membuatnya karena bahan baku besi harus dilelehkan dan dicampur untuk selanjutnya dibekukan.

ke depannya Bupati bantaeng akan terus mendukung pengusaha pandai besi di Bantaeng. Ia juga akan menjadikan badik khas Bantaeng yang diproduksi dari pengusaha pandai besi lokal akan dilestarikan.

Tinggalkan Balasan