Berita  

Presiden: Kalau Ga Ngambil Jangan Takut OTT

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Joko Widodo meminta agar para kepala tidak perlu takut Operasi Tangkap Tangan (OTT) asal tidak mengambil uang negara.

“Ini pada takut semua OTT takut? Ya jangan ‘ngambil’ uang, gak perlu takut kalau kita tidak ‘ngapa-ngapain’, tidak perlu takut,” kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Selasa (24/10).

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam acara “Pengarahan Presiden Republik Indonesia Kepada Para Gubernur, Bupati dan Walikota Seluruh Indonesia” yang dihadiri oleh Wakil Presiden Joko Widodo dan para menteri kabinet kerja.

“Jadi akan keluar perpres (peraturan presiden) nanti untuk membangun sistem. Kita akan membangun baik ‘e-planning’, ‘e-budgeting’, ‘e-procurement’. Sistem itu akan mengurangi menghilangkan OTT-OTT tadi, kalau sistem ini berjalan tidak ada yang namanya OTT,” tambah Presiden.

Namun Presiden tetap menegaskan agar hati-hati dalam mengelola keuangan daerah. “Saya titip hati-hati, jangan ada yang main-main lagi masalah uang, apalagi APBD. Saya tidak bisa bilang ‘jangan’ kepada KPK, saya tidak bisa, saya bantunya hanya ini membangun sistem ini,” ungkap Presiden.

Hingga Oktober 2017, KPK setidaknya sudah mengamankan dan menahan 7 orang kepala daerah yang diduga terlibat korupsi.

Tinggalkan Balasan