PMI Kota Sukabumi Gelar Workshop Pemahaman Kode Bangunan dan Penguatan Rumah Aman Gempa

  • Bagikan

Sukabumi, KabarBerita.id — KotaUmumPMI Kota Sukabumi Gelar Workshop Pemahaman Kode Bangunan dan Penguatan Rumah Aman Gempa
PMI Kota Sukabumi Gelar Workshop Pemahaman Kode Bangunan dan Penguatan Rumah Aman Gempa Tim PeliputDiskominfo Berita Kota Umum 12 Maret, 2021
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi akan segera memulai permodelan konstruksi rumah aman gempa di Kota Sukabumi. Hal ini diawali dengan menggelar workshop Pemahaman Kode Bangunan (Building Code) dan Penguatan Rumah Aman gempa (Retrofitting) pada hari Kamis, 11 Maret 2021, di Hotel Horison.

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo mengatakan, pengenalan kode bangunan konsep rumah aman gempa bumi dengan teknik retrofitting ini, merupakan rangkaian kegiatan untuk mendukung program kesiapsiagaan gempa bumi yang sedang dilaksanakan di Kota Sukabumi oleh PMI melalui dukungan Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID.
Sementara itu Arwin Sulaksono, Konsultan Retrofitting dan kesiapsiagaan Gempabumi dari Amcross menjelaskan bahwa sosialisasi kepada masyarakat sangat penting karena masih kurangnya pemahaman tentang pentingnya rumah aman gempa. Salah satu hal yang perlu disosialisasikan adalah retrofitting yaitu metode atau teknik untuk melengkapi bangunan dengan memodifikasi atau menambah bagian struktur sehingga lebih kuat menanggung beban gempa.

Dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang rumah aman gempa, Relawan Sibat serta para tukang bangunan lokal telah terlebih dahulu diberikan pelatihan agar dapat ikut mensosialisasikan kepada masyarakat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan