Peran Pencegahan Stunting tidak Hanya Dibebankan ke BKKBN Saja

Jakarta, KabarBerita.id — BKKBN menggelar Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan stunting bersama Mitra Kerja di Provinsi DKI Jakarta .  Hadir dalam sosialisasi ini Anggota Komisi IX DPR-RI Kurniasih Mufidayati, Direktur Analisis Dampak Kependudukan BKKBN RI Faharuddin, Kasie PPKB Sudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Selatan Maria Gracia Manurung, Subkel Pengendalian Penduduk Dinas PPAPP DKI Jakarta Nur Dini dan bertempat di Aula Masjid Baiturrahman, Saharjo, 2 Desember 2023.

Dalam upaya mengatasi permasalahan stunting, Pemerintah Indonesia menekankan bahwa pencegahan stunting bukan hanya menjadi tanggung jawab Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), melainkan merupakan tugas bersama seluruh lapisan masyarakat.

Stunting, yang merupakan masalah kesehatan serius yang dapat menghambat pertumbuhan anak-anak, tidak dapat diatasi secara efektif hanya dengan keterlibatan satu lembaga atau pihak saja. Pemerintah menekankan bahwa masyarakat, pemerintah daerah, sektor swasta, lembaga pendidikan, dan keluarga memiliki peran penting dalam memastikan keberhasilan program pencegahan stunting.

Faharudin menyatakan, “Pencegahan stunting adalah tanggung jawab bersama. BKKBN memang memiliki peran khusus dalam program keluarga berencana dan kesehatan ibu dan anak, namun semua pihak harus turut serta aktif dalam memberikan pemahaman, edukasi, dan dukungan bagi upaya pencegahan stunting.”

Pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif dalam menyosialisasikan pola makan sehat, gizi yang seimbang, dan perawatan anak yang baik. Program pencegahan stunting juga mencakup peningkatan akses terhadap layanan kesehatan, peningkatan sanitasi, dan pendidikan gizi di berbagai tingkatan masyarakat.

Penting untuk dipahami bahwa melibatkan banyak pihak adalah kunci keberhasilan dalam mengatasi stunting. Kerjasama antarlembaga, partisipasi aktif masyarakat, serta peningkatan kesadaran akan peran masing-masing pihak akan membawa dampak positif dalam mencapai tujuan pencegahan stunting di Indonesia.

Pemerintah mengajak semua pihak untuk bersatu dalam upaya pencegahan stunting ini, menjadikannya sebagai agenda nasional yang melibatkan setiap elemen masyarakat demi masa depan yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia.

Tinggalkan Balasan