Pemkot Payakumbuh Berikan Sosialisasi Poktan untuk Tingkatkan Panen dan Minimalisir Kegagalan

  • Bagikan

Payakumbuh, KabarBerita.id — Bersama dengan PT Mahakam, Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh melakukan sosialisasi keoada kelompok tani (Poktan) daerah tersebut agar dapat mengurangi resiko kemungkinan gagal panen dan hasil panen dapat meningkat.

Erwin Yunas selaku Wali Kota Payakumbuh pada Rabu (29/9) menginformasikan sosialsisasi sudah dilaksanakan mulai hari Selasa (28/9) dan dihadiri oleh poktan di daerah tersebut.

Erwin Yunas berharap apa yang didapat perwakilan poktan ini bisa disampaikan ke petani lainnya dikelurahan masing-masing.

Erwin juga berterimakasih kepada PT Mahakam yang bergerak bidang pestisida dan pupuk di Kelurahan Payobasung yang telah berbagi ilmu kepada para petani.

Ia berharap sosialisasi yang sudah dilakukan dapat di praktekan oleh para petani. Karena dengan pengelolaan yang betul akan membuat hasil taninya maksimal dan memberikan keuntungan lebih bagi petani.

Sosialisasi yang diikuti ini juga diharapkan membuat para petani mengetahui siklus yang tetap dalam bercocok tanam. Karena waktu yang tepat dalam bercocok tanam akan membuat petani memperoleh harga yang tetap tinggi dan keuntungan yang didapat juga lebih besar. Sehingga karena itu ekonimi akan bangkit dan para oetani di Payakumbuh sejahtera.

Ade Vianora selaku Lurah Payobasung mengatakan hal senada. Ia mendukung kegiatan seperti ini karena sangat bermanfaat bagi para petani.

Dijepaskannya pada daerah tersebut banyak kelompok wanita tani (KWT) dan dasawisma, serta di kelurahan kita mayoritas warganya juga berprofesi sebagai petani jadi ilmu yang didapat sangat membantu sekali.

Sementara itu, Khalid Ashari perwakilan daru PT Mahakan menegaskan pihaknya akan terus memberikan pengetahuan baru serta pembinaan untuk para petani supaya hasil panennya dapat menningkat.

“Bagaimana ramuan yang tepat untuk tanaman pertanian. Contohnya tadi kita bersama Bapak Wawako telah meninjau ladang bawang Pak Pendi yang selama ini kita bina, hasil dari panen tersebut disiapkan untuk bibit,” jelasnya.

Pola yang tepat dijelaskannya akan memghasilkan panen sampai 20 kilogram bawang merah dari 1 kilogram bibit bawang merah yang ditanam dalam masa tanam 60hari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan