Pemkab Bangka Barat Raih Penghargaan Informatif

Jakarta, KabarBerita.id —  Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sebagai  Badan Publik ‘INFORMATIF’ dengan nilai 93,98 persen.

Penghargaan diberikan di acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Kategori  Badan Publik Tahun 2022, kategori Pemerintah Kabupaten/Kota  se-Bangka Belitung, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bangka Barat, Arwendy mengatakan, penghargaan ini tentu menjadi suatu harapan sekaligus tantangan bagi Pemkab Babar untuk membuktikan, terus berkomitmen dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

“Kita mendapat predikat ‘INFORMATIF’ artinya penghargaan ini adalah penghargaan tertinggi. Di era digitalisasi, keterbukaan informasi dan transparansi menjadi keharusan yang wajib dilakukan oleh badan publik,” kata Arwendy, Jumat (16/12/2022).

Di era digitalisasi informasi menjadi energi yang mampu mengakselerasi proses pencerdasan bangsa dan menorehkan berbagai perubahan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Oleh karenanya negara harus hadir dengan semangat keterbukaan informasi dan akuntabilitas sehingga keterbukaan akan menjadi ruh utama badan publik dalam melayani masyarakat.

“Harus kita perhatikan secara seksama bahwa ke depan keterbukaan informasi bukan saja sebagai kewajiban badan publik, tetapi akan menjadi budaya dalam berbangsa dan bernegara, karena keterbukaan informasi publik adalah media dalam rangka mewujudkan peningkatan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat terhadap pemerintah,” ujarnya.

Arwendy menyebut, bahwa pemerintahan demokrasi yang baik adalah pemerintahan yang dipercaya oleh rakyat dan salah satu indikatornya agar publik percaya pada pemerintah adalah dengan menjalankan pemerintahan yang terbuka dan akuntabel.

“Harapan terbesar penghargaan itu bukanlah suatu hasil akhir, melainkan awal dari semangat baru untuk menjalankan tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka, dan transparan menuju Kabupaten Bangka Barat Bermartabat,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan