Berita  

PDIP ke Demokrat: Kasus KTP-El di Era SBY


Jakarta, KabarBerita.id — Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengajak Partai Demokrat bersama-sama mendukung KPK menuntaskan kasus dugaan korupsi KTP Elektronik secara tuntas dari hulunya dan dari sumbernya.

“Kami paham beban psikologis Demokrat, mengingat kasus korupsi tersebut terjadi pada pemerintahan SBY dan seluruh inisiatif program KTP Elektronik memang berasal dari eksekutif,” kata Arteria dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan dukungan bersama untuk KPK itu dilakukan dengan cara membangun kesepahaman untuk memfokuskan pemberantasan korupsi KTP-E tersebut secara tuntas dari hulunya yaitu dari kuasa pengguna anggaran.

Merujuk hal itu, Arteria menyebut nama Gamawan Fauzi dan Diah Angraeni sebagai kuasa pengguna anggaran.

“Saya mengajak Partai Demokrat, apakah sepakat bahwa Gamawan Fauzi dan Diah Anggraini adalah hulu dari persoalan korupsi tersebut mengingat tanggung jawabnya sebagai pengguna anggaran,” ujarnya.

Hal itu menurut dia terlebih dari fakta di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan persidangan, nama Gamawan Fauzi disebut 4 kali, termasuk perannya mengubah sumber pembiayaan KTP Elektronik yang semula dari hibah, menjadi penganggaran “multiyears”.

Dia mengatakan apabila Demokrat setuju maka PDI Perjuangan akan mengacungi jempol dan bisa duduk bersama dalam agenda ke depan.

Arteria mengatakan PDI Perjuangan berharap seluruh pihak memberikan dukungan agar tercipta suasana kondusif sehingga KPK dapat mengungkapkan perancang dan aktor intelektulnya.

Tinggalkan Balasan