NTB Rencanakan Pembangunan Gedung Perpustakaan Modern

Gedung Perpustakaan NTB

Mataram, KabarBerita.id — Perpustakaan modern direncanakan akan dibangun oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (DPKP) Nusa Tenggara Barat pada tahun 2022 mendatang.

Julmansyah selaku Kepala DPKP mengatakan pembangunan dilakuka karena menimbang gedung perpustakaan yang lama sudah tidak layak/representatif lagi untuk digunakan. Alasan lainnya juga karena usia gedung yang sudah tua ditambah kapasitas untuk menampung keleksi buku tidak mencukupi lagi.

“Sekarang jumlah koleksi buku ada 110 ribu dan tidak bisa ditampung digedung yang lama,” katanya, Sabtu (14/8).

Ia mengatakan bahwa anggaran yang direncanakan sekitar Rp15 miliar dan berasal dari Pemerintah pusat Perpusnas RI untuk membangun gedung baru nanti. Sebelumnya DPKP NTB sudah mengusulkan agar menggunakan dana alokasi khusus (DAK) untuk membuat gedung pepustakaan.

“Hal itu yang membuat kita mengusahaakan bisa membangun satu gedung perpustakaan baru yang modern yang tahun depan akan segera dibangun,” jelasnya.

Menurutnya, NTB kini saatnya memiliki gedung perpustakaan yang modern, lebih menyenangkan, lebih representatif, lebih memudahkan pemustaka untuk menikmatinya. Selain itu juga instagramable agar orang tertarik datang ke perpustakaan.

Tinggalkan Balasan