Menilik Efek Samping Paracetamol

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kerap kali di konsumsi,paracetamol merupakan obat rujukan dalam berbagai kondisi seperti sakit kepala,demam,hingga nyeri.Obat ini memang tergolong aman akan tetapi kita perlu mengenali efek samping yang bisa ditimbulkan bagi tubuh.

Menurut keterangan dari Ketua Umum Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Abraham Andi Padlan Patarai menjelaskan bahwa efek samping dari penggunaan Paracetamol dinilai jarang sekali ditemui. Namun dalam beberapa kasus sebagian kecil orang akan mengalami mual dan muntah setelah mengonsumsi paracetamol.

Dokter Bram menuturkan bahwa efek samping tersebut muncul hanya sesaat, pun mungkin dikarenakan mereka mengonsumsi paracetamol dalam kondisi perut kosong sehingga bisa memunculkan rasa mual hingga muntah.

Berdasar laporan NHS, Paracetamol merupakan obat antidemam yang dalam penggunaan dosis yang tepat jarang sekali ditemui efek samping.

di dalam beberapa kasus yang sangat jarang terjadi terdapat reaksi alergi yang dilaporkan timbul setelah mengkonsumsi paracetamol.Namun Bram menuturkan bahwa alergi tersebut mungkin terjadi apabila Paracetamol dikonsumsi saat sudah kadaluarsa atau dibarengi dengan mengkonsumsi obat-obatan lain.

Kini paracetamol sering dikemas dengan unsur obat lain seperti penggabungan bersama obat pilek atau obat batuk.Kita perlu memeriksa efek samping yang pasti sudah tertera di kemasan obat dan mengonsumsinya sesuai petunjuk penggunaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan