Menilik Beberapa Gejala Infeksi Jamur Hitam Yang Menyerang Pasca Covid 19 di India

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Beberapa pasien covid-19 di negara India diketahui banyak yang diserang oleh infeksi Mucormycosis. Infeksi yang biasa dikenal dengan jamur hitam ini seringkali memiliki beberapa gejala.

Fungi atau jamur yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar merupakan penyebab terjadinya infeksi jamur hitam pada tubuh.Yang mana jamur tersebut sangat berbahaya karena persebarannya ke seluruh tubuh dinilai sangat cepat.Bahkan apabila tidak segera diobati maka akan menyebar hingga otak dan paru-paru.Oleh karenanya bisa sebabkan kelumpuhan, kejang,kebutaan, radang paru-paru, hingga kematian.

Journal of Natural Science, Biology, and Medicine,menyebut bahwa terdapat penelitian terkait jamur hitamjuga merupakan penyebab terjadinya penyakit kelainan di tulang rahang atas.

Sementara itu menurut CDC,bagi orang-orang yang menderita penyakit jamur hitam pasca covid 19 diketahui memiliki gejala yang berbeda-beda di beberapa area tubuh.

Infeksi yang menyerang daerah kepala biasanya timbul gejala seperti sakit kepala,wajah membengkak di satu sisi, terdapat lesi hitam di batang hidung,sinus,dan demam.

Kemudian apabila infeksi ini menyerang paru-paru maka gejala yang ditimbulkan seperti sesak nafas, nyeri dada, dan batuk.Selain itu apabila infeksi tersebut tumbuh di sekitar kulit maka gejala yang akan muncul seperti terdapat area infeksi yang menghitam,lecet, bahkan bisa memunculkan bisul yang disertai dengan pembengkakan di area luka.

Sedangkan apabila infeksi tersebut menyerang gastrointestinal tubuh maka akan menyebabkan gejala mual muntah, sakit perut, hingga pendarahan.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan