Berita  

Masih Panas, Kursi Ketua MPR Direbutkan Gerindra-Golkar-PKB

Jakarta, KabarBerita.id — Sebanyak tiga partai politik yakni Gerindra, Golkar, dan PKB disebut akan berebut untuk mendapatkan kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Yandri Susanto mengatakan tiga partai politik itu masih memiliki niat untuk menduduki jabatan tersebut lima tahun mendatang.

“(Ketua MPR) cukup alot karena Gerindra mau, Golkar juga mau, (dan) PKB juga mau,” kata Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (1/10).

Meski begitu, menurutnya, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Ia pun mengungkit cerita pemilihan Ketua MPR periode 2014-2019 yang berlangsung lima tahun silam, di mana Zulkifli Hasan dari PAN akhirnya terpilih menduduki jabatan tersebut.

“Semua kemungkinan dan kejutan-kejutan kemungkinan terjadi bisa. Seperti lima tahun lalu, Zulkifli tak diduga jadi Ketua MPR,” ungkapnya.

Yandri pun mengaku telah berdiskusi dengan Gerindra dan PDIP. Menurutnya, kedua partai politik itu masih bersikukuh mengusung kadernya untuk menjadi Ketua MPR.

Dia mengungkapkan bahwa Gerindra akan mengajukan nama Ahmad Muzani, sementara belum memutuskan nama yang akan dicalonkan.

“Saya juga dapat whatsapp dari Gerindra, mereka mengajukan Muzani. Artinya ada dinamika, terus tadi Zulkifli komunikasi dengan Basarah, PDIP belum menentukan sikap siapa Ketua MPR,” kata Yandri.

Menurut Yandri, dinamika pemilihan sosok Ketua MPR masih akan terus terjadi setiap waktu hingga waktu pemilihan nanti. Termasuk, dari perwakilan DPD yang masih perlu dilakukan lobi atau pendekatan oleh partai politik di DPR.

“Dari jam per jam, menit ke menit ada dinamika yang terjadi antara partai-partai yang memang punya pimpinan,” katanya.

Tinggalkan Balasan