Berita  

Luhut vs Susi Pudjiastuti Soal Cantrang dan Tenggelamkan Kapal Berlanjut

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan kebijakan pelarangan cantrang yang diberlakukan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, harus disertai solusi bagi nelayan.

“Jangan hanya larang larang, tapi tidak ada solusi. Solusinya apa?'” kata Luhut, Senin (8/4).

Luhut menjelaskan bahwa ada beberapa jenis cantrang dan tidak semuanya menimbulkan risiko kerusakan lingkungan. Ia pun memastikan akan mengevaluasi kebijakan larangan cantrang tersebut dengan mendengarkan keluhan langsung dari nelayan.

Ia kemudian mengatakan bahwa salah satu kewajiban menteri sebagai pelayan masyarakat adalah membuat kebijakan dan mengevaluasinya berdasarkan fakta di lapangan.

“Kami ini buat peraturan, banyak aturan tumpang tindih. Menteri dan pejabat ini kalau merasa hebat, ya kacau semua. Menteri itu kan pelayan, mental ini harus diubah,” katanya.

Melanjutkan pernyataannya, Luhut berkata, “Orang merasa kalau sudah menteri sudah segala-galanya, jadi tidak turun ke bawah melihat apa sih masalahnya. Tanya dong masalah. Kami ini yang pejabat-pejabat, dibayar dari uang rakyat, jadi we have to serve people.”

Sebelumnya, Luhut mengaku sudah memberi tahu pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan bahwa pihaknya akan mengevaluasi kebijakan pelarangan cantrang yang diberlakukan Susi.

Tinggalkan Balasan