Kemlu Panggil Dubes Ukraina Soal Sindir RI Kutuk Israel Bukan Rusia

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Luar Negeri memanggil Duta Besar Ukraina di Jakarta, Vasyl Hamianin karena menyindir sikap Indonesia yang mengecam Israel namun tidak mengutuk serangan Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Vasyl dipanggil pada Selasa (9/8) lalu.

Ia kemudian mengatakan sekaligus mengecam postingan yang bersangkutan di media sosial yang mempertanyakan kebijakan luar negeri Pemerintah Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Faizasyah juga mengatakan bahwa hal tersebut tidak dapat diterima dan mencederai perasaan masyarakat Indonesia.

Faizasyah juga menilai tindakan mengomentari kebijakan Pemerintah Republik Indonesia bertentangan dengan kaidah pelaksana tugas dan misi diplomatik sebagai seorang Duta Besar.

Kemudian ia juga mengamati sejauh mana Vasyl memperbaiki sikapnya dalam memanfaatkan berbagai media untuk memperjuangkan kepentingan negaranya baik itu media formal ataupun media sosial.

Diketahui, sebelumnya Vasyl merilis pernyataan kecaman terkait kekecewaannya karena Kementerian Luar Negeri merilis pernyataan kecaman terkait serangan Israel di Gaza Palestina pada pekan lalu.

Tinggalkan Balasan