Kebiasaan Buruk Yang Merusak Kulit

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Salah satu bagian tubuh yang kesehatannya penting untuk dijaga ialah kulit kita.Seseorang akan tampak lebih segar dan awet muda apabila memiliki kulit yang sehat.

Akan tetapi kebiasaan buruk seringkali dilakukan orang-orang sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak sehat.Berikut terdapat beberapa kebiasaan yang bisa sebabkan kerusakan kulit.

1. Sering mandi dengan air hangat
kebiasaan mandi dengan air hangat yang dilakukan setelah melakukan aktivitas seharian demi bantu tubuh menjadi rileks sesaat ternyata bisa menjadi penyebab rusaknya kulit.

Menurut ahli kesehatan kulit Litya Ayu Kanya Anindya, kita sebaiknya tidak menggunakan air yang terlalu panas supaya tidak mengganggu kelembaban kulit. Litya menyarankan kita untuk mandi dengan air suhu biasa.

2. Merokok
nikotin yang terkandung didalam rokok bisa sebabkan kurangnya aliran darah yang masuk ke kulit kita. Hal tersebut bisa sebabkan kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang bisa berikan kelembaban

Bahan kimia dalam tembakau juga bisa merusak elastin serta kolagen yang memberi struktur bagi kulit kita.

Menurut dokter kulit di pusat pasar dan bedah kulit New York,Yoon-Soo Cindy Bae,menyatakan bahwa kulit para perokok cenderung terlihat kusam, keriput, tipis,dan sulit untuk disembuhkan.

3. Tidak terbiasa menggunakan tabir surya

Sinar UV dari matahari bisa sebabkan penuaan dini hingga kanker kulit.Oleh karenanya penggunaan tabir surya bisa bantu agar kulit kita tak secara langsung terpapar sinar UV.

Oleh karenanya,kita disarankan untuk memakai tabir surya minimal satu sendok teh di area wajah demi cegah munculnya kerusakan kulit.

4. Mengkonsumsi gula berlebihan

mengonsumsi gula berlebih yang tidak disertai dengan mengonsumsi buah dan sayuran bisa memperburuk kondisi kulit kita.

Studi menemukan bahwa diet tinggi gula bisa percepat proses penuaan. Dalam studi tersebut konsumsi buah dan sayur merupakan cara terbaik yang bisa bantu cegah kerusakan yang sebabkan penuaan kulit.

5.Stress yang berkepanjangan

Saat kita berada di kondisi mental dan pikiran yang buruk maka akan mempengaruhi kesehatan kulit.Oleh karenanya kita diminta untuk tidak berlarut-larut dalam stres berkepanjangan.

Hal tersebut terjadi karena apabila seseorang sedang stress maka biasanya dirinya akan mengabaikan kesehatan kulit dan berakhir memiliki kulit yang tidak terawat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan