Kasus Corona Mancapai 1 juta,Kini Filipina Menduduki Urutan Kedua di ASEAN

  • Bagikan
Ilustrasi

Jakarta,KabarBerita.id — Kasus Corona di Filipina saat ini telah tercatat telah mencapai 1 juta kasus. Dengan angka itu kini Filipina menjadi negara peringkat kedua kasus corona terbanyak di Asia Tenggara,Setelah Indonesia.

Negara yang di pimpin Presiden Rodrigo Duterte ini dalam 24 jam terakhir mencatat hampir 9000 kasus infeksi baru. Hingga kini total kasus covid-19 di Filipina mencapai 1.006.428 orang, dengan 16.853 meninggal.Namun,diketahui angka tersebut kemungkinan masih jauh lebih tinggi lagi dikarenakan tes yang dilakukan di negara tersebut masih terbatas.

Dalam upaya membantu rumah sakit yang kini tengah kewalahan, banyak petugas kesehatan dari daerah transmisi rendah ditugaskan untuk pergi ke ibu kota.Richard Gordon,selaku Ketua Palang Merah Filipina menyampaikan bahwa saat ini mereka sangat membutuhkan sukarelawan medis.

Sebagai langkah dalam mengurangi melonjaknya kasus pada akhir Maret lalu,Manila serta empat provinsi di sekitarnya menerapkan Lockdown. Menurut hasil dari kelompok penelitian independen OCTA, kasus infeksi baru turun hingga 20% di Manila.

Rosario Vergire selaku Wakil Menteri Kesehatan Filipina, menentang keras atas usulan dalam melonggarkan pembatasan yang menurutnya bisa berpotensi meningkatkan penyebaran virus. Menurutnya dengan tetap memberlakukan pembatasan akan ada ruang bernafas dan ruang dekongestan sistem perawatan kesehatan.

Pembatasan yang dilakukan pemerintah saat ini yakni seperti larangan makan di restoran, membatasi perjalanan yang tidak penting, meperkecil kapasitas transportasi, serta menutup sejumlah tempat usaha.

Namun,dalam pembatasan ini tentu saja akan berdampak pada sistem perekonomian. Menurut keterangan Penasehat Ekonomi, diperkirakan dalam dua pekan pertama Lockdown, akan mengakibatkan sekitar 252 ribu orang kehilangan pekerjaannya dan pendapatan rumah tangga hampir 8,9 Triliun Rupiah di Filipina akan terpangkas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan