Berita  

Jenazah Wakil Gubernur Kaltim Dimakamkan di Balikpapan

BALIKPAPAN, Kabarberita.id – Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Wagub Kaltim) H Mukmin Faisjal yang meninggal dunia sekira pukul 06.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), Jumat, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto di Jakarta segera dibawa pulang ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Akan ada seremoni penghormatan dan pelepasan jenazah di VIP Room Bandara Sepinggan,” kata Kepala Bidang Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan Sutadi.

Dia mengungkapkan seremoni dipimpin langsung oleh Gubernur Awang Faroek Ishak dan acara itu di undangan dari Sekretaris Provinsi terjadwal pukul 14.30.

Selain para pejabat Pemprov Kaltim dan pejabat kabupaten-kota se Kalimantan Timur, akan hadir juga para pejabat dari pemprov dan kabupaten-kota di Kalimantan Utara.

Sutadi memperkirakan jenazah baru akan tiba pukul 16.00 Waktu Indonesia Tengah, sehingga acara seremoni akan menunggu kedatangan jenazah dan keluarga yang dipastikan baru berangkat dari Jakarta pukul 12.30 WIB.

Setelah seremoni, jenazah akan dibawa ke rumah duka di Jalan Kerapu Nomor 1 RT 23, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur.

Rencananya juga jenazah tidak lama di rumah duka, melainkan segera dimakamkan ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Lamaru sekira pukul 17.00.

Seperti dituturkan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjachranie dr Rachim Dinata Wagub, Mukmin Faisjal meninggal sebab terkena serangan stroke.

Sebelum dirujuk ke RSPAD, Mukmin menjalani beberapa hari perawatan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) di Balikpapan.

Mukmin Faisal, kelahiran Sinjai, Sulawesi Selatan, 13 Juni 1950, namun menghabiskan masa anak-anak dan remajanya di Pesisir Timur Balikpapan sehingga ia menjadi tokoh nelayan Manggar.

Ia menjadi sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Balikpapan pada tahun 1974-1979, dan menjadi ketuanya pada tahun 2000-2004. Bukan kebetulan ia juga menjadi koordinator nelayan untuk Golongan Karya antara tahun 1970-1973.

Sebagai kader Golkar, Mukmin menjadi Ketua Partai Golkar Balikpapan dan Ketua Harian DPD Golkar Kaltim. Dari pijakan partai politik itu, Mukmin pernah menjadi Wakil Wali Kota Balikpapan pada masa jabatan 1999-2004 dengan Wali Kota Imdaad Hamid.

Terus ke level provinsi Mukmin menjadi Ketua DPRD Kaltim 2009-2014 hingga berpasangan dengan Awang Faroek Ishak untuk masa jabatan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2014-2019.

Tinggalkan Balasan