Jam Makan Bikin Gemuk, Ini Penjelasannya

Jakarta, KabarBerita.id — kebanyakan orang percaya bahwa jam makan yang membuat gemuk berlangsung pada malam hari pertama di atas pukul 20.00 wib.

Namun berbagai hasil penelitian belum ada yang dapat menimbulkan secara pasti, bahwa hal tersebut ada hubungannya dengan jam makan terhadap kegemukan.

Beberapa anggapan mengklaim, bahwa makan pada jam malam cenderung lebih cepat menambah berat badan.

Namun ada juga yang menilai, bahwa makan di jam malam tidak menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan selama kalori dalam makanan tersebut tetap terkontrol.

Dikutip healthline, apabila mengikuti siklus sirkadian makan malam dianggap sangat bertentangan. Siklus tersebut menjelaskan bahwa waktu malam menandakan waktu untuk beristirahat dan bukan untuk makan.

Hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa, adanya orang dewasa yang makan di atas pukul delapan malam memang berpotensi menjadi gemuk. Terlebih apabila mengkonsumsi makanan yang memiliki porsi dua kali lipat tinggi kalori, nutrisi tidak seimbang serta kebiasaan tersebut dilakukan secara berulang.

Selama tingkat kalori masih terkontrol dan tidak melebihi batas total kalori harian tubuh maka pada jam malam dianggap tidak terlalu signifikan menambah berat badan.

Disisi lain, makan berlebih di atas 08.00 malam memang beresiko terhadap penumpukan lemak karena tubuh sedang tidak aktif bergerak.

Terlepas adanya pro kontra jam makan, yang membuat kamu lebih baik tetap makan di jam normal asalkan porsinya cukup dan juga tidak melebihi total kalori harian.

Merangkum dari berbagai sumber berikut jadwal ideal yang sebaiknya dimanfaatkan untuk makan

1. Makan pagi

Beberapa ahli merekomendasikan untuk sarapan pada pukul tujuh sampai delapan pagi dengan jumlah kalori yakni sekitar 300 sampai 600 kkal.

Perhitungan ini memang bisa berbeda beda bagi setiap orang namun pastikan sarapan dengan porsi sepertiga dari asupan kalori harian Anda.

2. Makan siang

Pada jam makan siang dianjurkan sekitar pukul 12 .00-13.00 WIB dengan jumlah kalori sebanyak 400 sampai 500 kkal.

Total kalori harus berisi makanan bernutrisi lengkap. Namun apabila sedang menjalani diet dapat dikurangi menjadi 400 sampai 450 kkal.

3. Makan malam

Dikutip Eating well, ahli menyarankan untuk makan malam lebih awal pada pukul 06.00-07.00. Hal tersebut merupakan cara untuk menghindari makan yang terlalu larut malam.

Makan pada jam tersebut dinilai cukup efektif untuk memberi jeda antara waktu makan dan waktu tidur supaya tidak berdekatan.

4. Camilan

Selain faktor jam makan yang membuat gemuk, frekuensi waktu ketika mengkonsumsi camilan juga tidak sembarangan karena dapat berpotensi lebih besar terhadap kenaikan berat badan.

Apabila menikmati camilan, sebaiknya dilakukan sebelum makan siang yakni sekitar pukul 10.00-11.00 atau 15.00-16.00 WIB menjelang makan malam dengan porsi kalori kurang dari 200 kkal.

Tinggalkan Balasan