IDAI: 274 Balita di Indonesia Terkena HIV Hingga Juni 2022

Jakarta, KabarBerita.id — Penyakit infeksi human immunodeficiency virus (HIV) tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga bayi yang baru lahir juga bisa terkena HIV.

Ketua Satgas HIV Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Endah Citraresmi mengatakan hingga Juni 2022 ada sebanyak 274 anak usia kurang dari 4 tahun menderita HIV.

Ia mengatakan data tersebut menunjukkan bukan hanya orang dewasa namun yang baru lahir juga dapat terkena HIV yang ditularkan oleh orang tua mereka.

Data ini merupakan data terbaru kasus HIV anak dari Januari hingga Juni 2022. Bukan hanya anak usia kurang dari empat tahun anak usia 5 hingga 14 tahun pun banyak yang terpapar HIV.

IDAI mencatat, Total Kasus anak yang ter infeksi HIV pada usia 5 hingga 14 tahun ada sebanyak 173 orang. Sementara kasus tertinggi hingga Juni 2022 didominasi oleh anak berusia 15 hingga 19 tahun dengan total kasus sebanyak 741 anak.

Indah mengatakan mereka masuk ke dalam kalangan remaja dan memang penularan dapat melalui medium apa saja di usia tersebut. HIV Bisa ditularkan dari ayah atau ibu dan bisa dari seks bebas atau penggunaan narkoba.

Ia menyebut Edukasi terkait penyakit ini perlu ditingkatkan terutama bagi anak remaja yang baru memasuki dunia luar.

Selain itu seks Edukasi juga penting diterapkan sejak dini karena tidak hanya mencegah penyakit HIV, namun juga dapat menangkal penularan penyakit lainnya.

Tinggalkan Balasan