Hasil Panen Ikan Tambak di Pantura Subang Turun 60 Persen Dampak El Nino

Subang, KabarBerita.id — Wilayah pantura Kabupaten Subang, Jawa Barat hingga kini belum kunjung turun hujan. Dampak kemarau panjang ini, kini produksi ikan darat para petambak di wilayah pantura Subang turun drastis.

 

Hal tersebut terlihat di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) darat di pantura Subang yang kini anjlok. Seperti yang terjadi di TPI KUD Mina Langgeng Jaya, Desa Langensari, Kecamatan Blanakan, Subang. Pasokan ikan dari petambak ke pelelangan ikan ini menurun hingga 60 persen.

 

Menurut Ketua KUD Mina Langgeng Jaya Raim Irawan, hampir 3 bulan terakhir ini pasokan ikan darat dari petambak ke pelelangan ikan mengalami penurun berkisar 60 persen dibandingkan ketika cuaca normal.

 

“Secara keseluruhan di musim kemarau panjang tahun ini pasokan ikan anjlok sebesar 60 persen. Bila lagi ramai petani tambak panen pasokan ikan yang masuk kepelelangan di sini sehari mampu mencapai 5 kwintal namun saat ini produksi ikan hanya 2 kwintal,” ujarnya.

 

Raim menjelaskan, menurunnya pasokan ikan segar dari para petambak disebabkan terjadinya El Nino sehingga terjadi kemarau panjang dan berdampak pada petani tambak yang banyak mengalami gagal panen.

 

“Meskipun pasokan ikan segar dari para petambak menurun, namun masih cukup dalam memenuhi kebutuhan ikan segar bagi para bakul,” jelanya.

Tinggalkan Balasan