Berita  

Habibie: Sutan Muhammad Zain Pelopor Bahasa Indonesia

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie mengagumi sosok mendiang Prof Sutan Muhammad Zain yang dikenalnya sebagai pelopor Bahasa Indonesia.

Habibie menyampaikan apresiasinya terhadap Sutan Muhammad Zain dalam peluncuran dua buku karya profesor tersebut, yakni “Kenangan Peralihan Masa” dan “Sriwijaya dan Kerajaan-kerajaan di Sumatra Era Klasik” di Jakarta Selatan, Sabtu (14/10).

“Dia adalah pelopor dari Bahasa Indonesia,” ujar Habibie saat memberi kata sambutan dalam acara tersebut.

Dia sempat bertemu dengan mendiang saat berkunjung ke tempat tinggal Sutan Zairin Zain yang merupakan anak sulung dari Sutan Muhammad Zain. Saat itu, Zairin Zain menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jerman.

“Saya diundang oleh Zairin Zain untuk tinggal di rumahnya, di situ ada almarhum (Sutan Muhammad Zain), beliau sedang mempersiapkan bukunya tentang Sriwijaya,” tuturnya.

Dia mengatakan publik dapat belajar dari kegigihan dan kerja keras Sutan Muhammad Zain untuk bisa meningkatkan kualitas kehidupannya tanpa bergantung pada orang lain.

Dia mengatakan Sutan Muhammad Zain banyak memberikan kontribusi pada cikal bakal bahasa pemersatu bangsa, yaitu bahasa Indonesia.

Selain itu, Habibie memandang Sutan Muhammad Zain sebagai pahlawan atau pejuang yang juga berperan pada terwujudnya kemerdekaan RI lewat karyanya mendidik bangsa.

“Tidak ada Sumpah Pemuda kalau tidak ada perjuangan mereka (para pejuang termasuk Sutan Muhammad Zain). Tidak ada Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1945 kalau tidak mereka ini,” ujarnya.

 

 

Tinggalkan Balasan