Gunung Bulusan Filipina Erupsi Sebabkan Dua Desa Tertutup Abu Vulkanik

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Gunung Bulusan di Filipina mengalami erupsi dan memuntahkan abu vulkanik. Kondisi ini membuat pemerintah setempat mengevakuasi masyarakat dari kota yang tertutup abu.

Menurut Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, letusan Gunung Berapi Bulusan di Provinsi Pedesaan Sorsogon terjadi selama sekitar 17 menit serta Gumpalan abu menyebar setidaknya sejauh satu kilometer (0,6 mil).

Dikutip AFP, Kepala Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, Renato Solidum mengatakan Ada letusan freatik Gunung Berapi Bulusan, yang berarti ledakan itu disebabkan oleh air mendidih di bawah kawah.

Lembaga tersebut menyatakan abu menyelimuti dua kota di Sorsogon, sekitar 500 kilometer (310 mil) selatan Ibu Kota Manila. Sementara laporan mengenai korban luka belum ditemukan.

Di Kota Juban dua desa mengalami visibilitas nol karena abu yang tebal. Sebuah truk pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk membersihkan daerah itu.

Pihak berwenang menaikkan peringatan menjadi level satu pada sistem lima level yang menunjukkan keresahan tingkat rendah. Mereka juga memperingatkan kemungkinan adanya letusan lanjutan.

Oleh karena itu warga yang masuk radius empat kilometer di sekitar gunung diminta untuk berhati-hati karena adanya peningkatan kemungkinan letusan freatik yang tiba-tiba dan berbahaya.

Warga di sekitar lembah dan sungai juga diimbau waspada terhadap lumpur dan aliran sungai jika terjadi hujan deras.

Otoritas Bandara Manila mengatakan sejauh ini tidak ada penerbangan yang terkena dampak letusan, meskipun pilot untuk berhati-hati terhadap wilayah yang terdampak letusan.

Gunung Bulusan telah aktif dalam beberapa tahun terakhir dengan selusin letusan serupa tercatat pada 2016 dan 2017. Filipina sendiri terletak di “Cincin Api” Pasifik yang aktif secara seismik dan memiliki lebih dari 20 gunung berapi aktif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan