Berita  

Filipina Bantah Presiden Duterte Terkena Kanker

Manila, KabarBerita.id — Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak menderita sakit kanker, kata penjabat menteri dalam negeri pada Selasa, setelah pemimpin itu menjalani pemeriksaan di rumah sakit swasta.

Rakyat Filipina menantikan informasi mengenai kesehatan Presiden Duterte setelah dia tidak terlihat dalam dua acara resmi pada pekan lalu.

“Dia mengungkapkan kepada kami bahwa hasil pemeriksaan itu negatif. Salah satu yang mereka periksa ialah contoh dari ususnya,” kata Eduardo Ano kepada wartawan dalam peristiwa yang diunggah di Facebook dan disiarkan langsung oleh kantor berita setempat.

Ano mengatakan Duterte memberi tahu kabar itu dalam sidang kabinet pada Senin malam. Sidang tersebut semestinya dijadwalkan berlangsung pada Rabu lalu tetapi Presiden Duterte pergi ke rumah sakit tanpa direncanakan sebelumnya. Dokter di rumah sakit itu memintanya mengulangi pemeriksaan saluran pencernaan tiga pekan setelah pemeriksaan serupa.

Berdasarkan atas Konsititusi Filipina, rakyat seharusnya diberitahu mengenai keadaan kesehatan presiden yang sedang berkuasa. Jikalau presiden itu meninggal ketika bertugas, cacat tetap atau dilengserkan melalui pemakzulan, wakil presiden menggantikan posisinya selama sisa waktu dalam periode enam tahun.

Wakil Presiden Leni Robredo, seorang pemimpin oposisi, dipilih secara terpisah tahun 2016 dan dapat memicu ketakpastian dalam proses suksesi karena iklim politik yang sangat terpolarisasi.

Kesehatan Duterte menjadi sumber spekulasi setelah ia tidak terlihat selama seminggu pada tahun lalu di depan umum tetapi pembantunya menepis desas-desus mengenai kesehatannya.

Tinggalkan Balasan