Fakta Belgorod, Kapal Selam Milik Rusia Terpanjang di Dunia

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Rusia Telah meluncurkan sebuah kapal selam nuklir terbaru mereka yakni Belgorod. Kapal selam tersebut menjadi terpanjang di dunia dengan panjang 184 m yang dibuat oleh Sevmash. Kapal ini diserahkan ke kantor laut Rusia pada awal bulan ini di pelabuhan Severodvinsk.

Belgorod sebenarnya sudah diluncurkan pada 2019 dan diharapkan akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada 2020 setelah uji coba dan pengujian. Akan tetapi tertunda karena pandemi Covid-19.

Berikut sejumlah fakta tentang Belgorod:
1. Kapal Selam Terpanjang di Dunia
Belgorod memiliki panjang 184 meter dan menjadi kapal selam terpanjang di dunia.

Para ahli mengatakan bahwadesain Belgorod merupakan versi modifikasi kapal selam rudal kelas Oscar II Rusia. Bedanya Belgorod dibuat lebih panjang dengan tujuan untuk mengakomodasi torpedo siluman bersenjata nuklir pertama di dunia dan peralatan intelijen.

2. Digunakan untuk Penelitian
Belgorod disebut sebagai kapal selam untuk penelitian. Namun berbagai pihak mengatakan kapal selam itu juga bisa menjadi medium untuk spionase.

Belgorod kemungkinan juga akan beroperasi sebagai platform pengumpulan intelijen.

Dalam rilis berita awal bulan ini, pembuat kapal Rusia menyoroti kemampuan non-mematikan Belgorod. Mereka mengatakan hal itu membuka peluang baru bagi Rusia untuk melakukan ekspedisi ilmiah dan operasi penyelamatan di daerah paling terpencil di lautan dunia.

3. Angkut Torpedo Berkemampuan Nuklir
Selain untuk penelitian Belgorod disebut akan membawa torpedo berkemampuan nuklir Poseidon yang sedang dikembangkan. Meski diklaim hanya mampu mengangkut enam torpedo, para ahli yakin Belgorod bisa membawa delapan toperdo Poseidon.

Torpedo itu dirancang untuk diluncurkan dari jarak ratusan mil dan menyelinap melewati pertahanan pantai dengan melakukan perjalanan di sepanjang dasar laut.

Pejabat AS dan Rusia mengatakan bahwa torpedo dapat mengirimkan hulu ledak beberapa megaton, menyebabkan gelombang radioaktif yang akan membuat petak garis pantai target tidak dapat dihuni selama beberapa dekade.

4. Mampu Bertahan 120 Hari di dalam Air
Dilansir dari Military Factory, Belgorod dapat bertahan hingga 120 hari, tergantung penyimpanan dan persediaan makanan di kapal.

Dengan reaktor nuklir kembar, kapal selam ini memiliki daya jangkauan yang tidak terbatas. Selain itu, kecepatan maksimalnya di laut bisa mencapai 32 knot.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan