Cara Redakan Perih Akibat Lidah yang Terbakar

Jakarta, KabarBerita.id — Sensasi terbakar pada lidah dapat muncul ketika mengonsumsi makanan atau minuman panas. Rasa terbakar itu terkadang sangat menyakitkan sampai kesulitan merasakan lidah sendiri atau mati rasa.

Dikutip laman Cleveland Clinic, lidah adalah organ yang sangat sensitif. Lidah membantu manusia mengenali rasa dan tekstur. Fungsi pengecap ini berasal dari benjolan kecil yang disebut papila.

Saat lidah terbakar papila bisa rusak. Kerusakan dapat menyebabkan lidah sakit dan menghilangkan kemampuan mengecap untuk sementara.

Untungnya sebagian besar luka bakar di lidah tidak serius. Kemampuan mengecap juga bisa kembali seperti semua dengan cepat.

Tapi tetap saja ada luka bakar yang lebih serius dan membutuhkan perhatian medis yang cepat.

Gejala lidah terbakar

Ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan saat lidah terbakar akibat konsumsi makanan atau minuman panas. Beberapa gejalanya yakni sakit lidah, hilangnya sensasi di lidah, lidah merah kemerahan, meradang, dan bengkak, menurunnya indera perasa atau muncul rasa logam di mulut dan lidah jadi halus karena papila hilang.

Meski sering tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut cara menyembuhkan lidah terbakar.

1. Minum air dingin
Penting untuk mendinginkan lidah dengan air dingin. Coba minum air dingin selama beberapa waktu.

Hawa dingin dari air bisa menghentikan panas yang membakar lapisan lidah yang lebih dalam.

2. Jangan sikat lidah
Saat lidah terbakar, hindari menyikatnya. Menukil Insider, tidak menyikat lidah bisa mencegah iritasi dan rasa sakit lebih lanjut.

3. Konsumsi produk susu
Produk susu dapat membuat lidah yang terbakar terasa lebih enak. Pasalnya susu bisa melapisi lidah dan memberikan efek dingin.

Untuk mendapatkan manfaatnya cobalah makan yogurt atau minum susu saat lidah terbakar.

4. Bilas dengan air asin
Air asin bisa meredakan gejala dan mengurangi bakteri di mulut. Karena itu Anda disarankan untuk berkumur dengan air asin demi menenangkan lidah yang terbakar.

5. Minum obat pereda nyeri
Bisa juga mengurangi rasa sakit dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen.

Tinggalkan Balasan