Info  

Cara Cek Saturasi Oksigen Paling Akurat Menurut Dokter

Jakarta, KabarBerita.id — Di tengah pandemi saat ini,saturasi oksigen pada pasien covid-19 harus diperhatikan demi mencegah kondisi yang makin buruk bisa terjadi. Saturasi oksigen merupakan indikator untuk melihat kadar oksigen di dalam tubuh.

Menurut keterangan dari dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto, saturasi oksigen hanya bisa dinilai dengan menggunakan alat oximeter atau dengan pemeriksaan darah yakni dengan analisis gas darah arteri.

Menurutnya cara lain yang digunakan seperti menghitung nafas tidak bisa dijadikan acuan untuk mengetahui saturasi oksigen dalam tubuh.

Agus memaparkan menghitung nafas tiap menit merupakan cara untuk mengetahui kondisi sesak nafas. Frekuensi nafas yang tinggi tidak bisa dijadikan indikator bahwa saturasi oksigen rendah.

Menurut Agus banyak faktor lain yang bisa membuat frekuensi nafas seseorang menjadi meningkat misal ketika sedang berolahraga, adanya penyakit jantung, atau penyakit sistemik lainnya.

Dengan demikian cara paling akurat untuk mengetahui saturasi oksigen ialah dengan menggunakan pemeriksaan darah atau alat oximeter.Apabila kita tidak memiliki alat tersebut di rumah, kita bisa mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Tinggalkan Balasan