Benarkah Gas Air Mata Kedaluwarsa Bisa Jadi Sianida?

Jakarta, KabarBerita.id — Mabes Polri mengakui sejumlah gas air mata yang digunakan dalam Tragedi Kanjuruhan, Malang sudah kedaluwarsa. Apakah gas air mata kedaluwarsa jadi sianida?

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan sejumlah gas tersebut telah kedaluwarsa sejak 2021.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut nama Mas Ayu Elita Hafizah saat menjelaskan soal efek gas air mata yang disebut tak mematikan terkait Tragedi Kanjuruhan.

Dikutip dari detik, Ayu Elita selaku pakar kimia sekaligus dosen Universitas Pertahanan menulis “zat kimia yang telah melewati masa kedaluarsa tidak dapat berfungsi secara optimal, karena struktur kimianya sudah terurai. Zat tersebut akan berkurang efektivitasnya menjadi tidak berfungsi”.

Namun benarkah gas air mata kedaluarsa jadi sianida?
Penggunaan gas air mata kedaluwarsa tidak cuma pernah terjadi di Indonesia tapi juga di berbagai negara. Misalya saat demonstrasi di daerah Raleigh, Amerika Serikat, Mei 2020 silam.

Ketika itu kepolisian setempat juga mengklaim gas air mata yang kedaluwarsa berkurang efeknya.

“Ketika gas itu mencapai batasnya, dia menjadi lebih lemah,” kata Shawn Anderson, kepala deputi polisi Cary Police Department seperti dilansirNews Observer.

Namun pendapat berbeda disampaikan oleh Mónica Kräuter, Profesor dari Universitas Simón Bolívar, Venezuela.

Dia menyoroti gas air mata kedaluarsa yang digunakan saat protes di Venezuela pada 2014 lalu.

“Konten (gas air mata) mungkin berbahaya jika digunakan setelah tanggal kedaluwarsa. Literatur tentang masalah ini menunjukkan bahwa gas CS dengan waktu, panas dan kelembapan menghidrolisis menghasilkan chlorobenzaldehyde dan malononitrile, yang terakhir pada gilirannya, itu juga menghidrolisis, menghasilkan sianida, yang sangat beracun, dan di atas konsentrasi yang dapat ditoleransi mematikan.”

“Dekomposisi normal dari CS menghasilkan, selain sianida, asam klorida, dinitrogen oksida, karbon monoksida, klorin, asetilena dan fosgen antara lain, semuanya dengan toksisitas terkait,” tulisnya tentang gas air mata kedaluwarsa jadi sianida.

Tinggalkan Balasan