Berita  

Bangkai Transjakarta Dicuri, Polisi tak Berikan Pengamanan Khusus

Jakarta, KabarBerita.id — Kepolisian membenarkan pernah ada pencurian terhadap beberapa sparepart bus TransJakarta yang teronggok di sebuah lahan kosong di Jalan Nusantara II, Kecamatan Dramaga, Bogor. Namun polisi tak memberi pengamanan khusus di lahan kosong itu karena tidak ada permintaan dari pihak yang berkepentingan.

Lahan kosong di Dramaga itu menampung lebih dari 300 bangka bus TransJakarta. Kapolsek Dramaga AKP Budi Santoso pun telah mengonfirmasi peristiwa kemalingan tersebut.

“Ada beberapa kasus barang pada bus yang hilang. Kejadiannya pada pertengahan tahun 2018,” Kata Budi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (31/7).

Budi menuturkan saat itu pelaku tertangkap tangan oleh warga, dan diserahkan ke polisi.”Waktu itu kita dapat laporan dari beberapa warga yang menangkap langsung satu pelaku di tempat, lalu diserahkan (ke polisi), dan kami selidiki lebih lanjut,” katanya.

Budi menjelaskan dari hasil penyelidikan polisi mendapatkan sejumlah bukti kehilangan sparepart dari beberapa bus. Selain itu polisi mengamankan bukti lain berupa gunting pemotong kabel berikut kabel dan tembaga hasil curian.

“Di situ langsung kita tangkap, dan P 21 (Pemberitahuan bahwa Hasil Penyidikan sudah Lengkap). Selanjutnya pelaku langsung diproses pengadilan ke kejaksaan,” ujarnya.

Meski mengalami kehilangan, pemilik lahan bus belum pernah meminta pengawasan khusus. Budi menyebutkan polisi hanya melakukan patroli rutin di daerah lahan kosong tersebut.

“Kita hanya melakukan patroli rutin aja di daerah lokasi seperti biasa, karena dari pihak yang punya lahan juga punya keamanan sendiri, ya, saya rasa,” kata Budi.

Tinggalkan Balasan