Ahli: Pada Bayi Baru Lahir, Jangan Sembarang Oleskan Minyak Telon

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Penggunaan minyak telon pada bayi dipercaya dapat membuat bayi menjadi lebih hangat setelah mandi.

Arini Widodo Dokter Spesialis Kulit & Kelamin menyatakan banyak orang tua di Indonesia yang membalurkan minyak telon pada bayinya setelah mandi karena diyakini akan memberikan efek hangat dan ketenangan pada bayi.

Hal tersebut memang tidak salah untuk dilakukan, akan tetapi orang tua wajib berhati-hati saat mengoleskan minyak ke kulit bayi yang baru lahir. Yang mana pada kulit bayi yang baru lahir minyak telon justru bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Arini menuturkan bahwa penggunaan minyak telon tidak direkomendasikan terutama pada bayi yang baru lahir karena kulitnya cenderung lebih tipis. Minyak telon akan mengiritasi kulit karena terdapat kandungan berbagai macam minyak di dalamnya.

Arini menjelaskan efek hangat yang muncul merupakan akibat proses inflamasi ringan pada kulit yang mana hanya dirasa sementara di saat pembuluh darah lebih melebar.

Hal tersebut tak bisa dipungkiri karena memang kulit bayi yang baru lahir masih sangat tipis dibandingkan yang sudah berusia beberapa bulan. Selain itu setiap bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda terutama pada bayi prematur.

Oleh karena itu orang tua diwajibkan untuk berhati-hati dalam penggunaan minyak telon pada bayinya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan