Agar Anak Tak Terkena Gagal Ginjal Akut, Orangtua Harus Lakukan Ini

Jakarta, KabarBerita.id — Kasus gagal ginjal akut yang diduga terkait dengan masalah paracetamol meresahkan banyak orangtua. Lalu Apa yang harus dilakukan orangtua supaya anak tidak kena gagal ginjal akut?

Pemberian Paracetamol pada anak biasanya disebabkan karena kondisi anak yang demam batuk, pilek atau karena infeksi. Kemudian bagaimana cara untuk mencegah resiko infeksi pada anak?

Dikutip Laman Instagram ikatan dokter anak Indonesia, anak anak khususnya balita disarankan untuk mengurangi aktivitas yang beresiko memaparkan resiko infeksi.

Beberapa saran yang dilakukan adalah untuk menghindari kerumunan dan ruang tertutup.
Anak anak khususnya balita juga disarankan untuk menggunakan masker.

Ketika anak dicurigai memiliki gejala gagal ginjal akut, orang tua wajib waspada. Ada beberapa gejala yang harus diwaspadai dan rumah sakit mana yang menyediakan pemeriksaan ini serta daftar rumah sakit rujukan gagal ginjal anak.

Kementerian kesehatan Indonesia mengungkapkan bahwa pasien anak di bawah usia kurang dari 18 tahun dengan Urin sedikit dan dengan riwayat demam, diare, muntah, sesak batuk dan pilek dianggap mengalami gejala gagal ginjal akut.

Apa indikasi yang menunjukkan gejala gagal ginjal akut untuk rawat inap?

Diantaranya anak dengan gejala sesak napas, diare dengan penyulit, kejang, penurunan kesadaran dan urine berkurang bahkan tidak ada.

Tinggalkan Balasan