Berita  

Panglima TNI Kerahkan Pasukan Katak Cari Korban KM Sinar Bangun

Medan, KabarBerita.id — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya mengerahkan 26 personel pasukan katak Korps Marinir TNI Angkatan Laut, untuk membantu pencarian korban tenggelam KM Sinar Bangun di Danau Toba awal pekan ini.

“Dua hari lalu kita sudah kirim Taifib dari Jakarta beserta peralatannya, dan hari ini kita kerahkan pasukan katak sebanyak 25 personel,” katanya usai menjenguk korban selamat di RSUD Tuan Rondahaim, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Kamis.

Ia menambahkan, selain Pasukan Katak, TNI juga mengerahkan peralatan ‘Multibeam Echo Sounder’ untuk mendeteksi kondisi dan kontur dasar danau, guna memudahkan pencarian dan evakuasi kapal serta korban tenggelam.

“Kita akan melakukan pencarian korban tenggelam termasuk posisi kapal yang tenggelam. Namun, kami juga tetap memperhatikan keamanan para anggota SAR, dimana manusia hanya mampu menyelam hingga kedalaman 50 meter. Sedangkan kapal diperkirakan ada di kedalaman sekitar 495 m. Karena itu dibutuhkan alat peralatan pendukung,” katanya.

Panglima menambahkan peralatan itu milik Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut.

TNI juga mengerahkan helikopter untuk mencari korban yang terbawa arus. “Kita akan kerahkan juga helikopter untuk menyisir semua penjuru, titik danau untuk mencari korban yang hanyut terbawa arus. Begitu ditemukan korban, maka personel udara menginfokan kepada aparat di darat dan danau untuk mendukung evakuasi,” ujar Hadi.

Tinggalkan Balasan