Contoh Berita Acara Yang Baik

0
66 views
contoh berita acara

contoh berita acara

Pengertian dari berita acara yakni naskah/surat dinas yang di dalamnya terdapat pernyataan pengesahan mengenai suatu kegiatan, kehilangan, rapat, kerusakan, serah terima barang, penyelesaian pekerjaan, peristiwa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Contoh berita acara memang sangat dibutuhkan untuk Anda yang kesulitan membuatnya atau mungkin tidak tahu tentang hal ini.

Berita acara memiliki peran yang penting dalam sebuah kerja sama yang melibatkan banyak pihak. Berita acara pun berfungsi menjadi ‘saksi’ berbentuk dokumen, yang membuktikan bahwa telah terjadi suatu kegiatan, seperti serah terima barang.

Berita acara biasanya berisi tentang catatan mengenai siapa saja yang terlibat, waktunya, lokasi kejadian, dan lain-lain. Bisa juga dijadikan sebagai informasi valid, atau sebagai dokumen yang menjelaskan mengenai kronologi kegiatan bisnis dan hukum.

Format-format yang perlu diperhatikan jika Anda akan membuat berita acara adalah:

 

  • Pihak yang ikut serta mesti dicatat secara detail

Pihak yang mengikuti acara perlu dicatat secara detail. Pada umumnya, pencatatan data terdiri atas nama, alamat, tempat tanggal lahir, pekerjaan, dan beberapa poin lain yang akan menambah informasi yang valid, seperti No. Identitas (KTP atau SIM).

  • Kronologi

Ini bisa juga disebut dengan urutan acara. Anda harus mencantumkan jam berapakah acara tersebut dimulai dan diakhiri. Sertakan juga hari, tanggal, bulan, dan tahun.

  • Tempat kejadian

Untuk menuliskan tempat kejadian Anda, harus tahu alamat lengkapnya juga kode pos.

  • Disahkan oleh pihak yang terkait

Supaya berita acara ini sah maka harus ditandatangani oleh beberapa pihak yang ikut dalam acara itu. Dapat juga ditambah saksi apabila dibutuhkan.

  • Terperinci

Contoh berita acara mengenai serah terima barang, pekerjaan, dan jabatan harus diperinci tentang apa yang akan diserahterimakan.

 

Berita Acara Serah Terima Barang

Berita acara tentang serah terima barang termasuk ke dalam jenis dokumen penyerahan barang yang krusial. Sebaiknya surat ini cepat ditandatangani segera ketika serah terima sedang berlangsung.

Jadi apabila suatu hari nanti terdapat permasalahan atau perselisihan, berita acara dapat digunakan sebagai bukti penyerahan barang. Dokumen ini sangat simpel dan sederhana. Akan tetapi tidak simpel seperti permasalahan yang muncul di kemudian  hari.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh bimbang ketika membuat berita acara tentang serah terima barang saat sedang terjadi pemindahan barang. Jika Anda sama sekali tidak memahami format serta rangkaian kalimat berita acara yang benar, di bawah ini bisa Anda gunakan sebagai referensi.

 

 

 

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

 

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, Pada hari ini ……..Tanggal ….. Bulan … Tahun ….

Nama             : ___________________________________
Jabatan           : ___________________________________
Alamat             : ___________________________________
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA

 

Nama             : ___________________________________
Jabatan           : ___________________________________
Alamat             : ___________________________________
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

 

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir :

 

No. Nama Barang Jumlah
1 SAMSUNG J3 3 Unit

Demikian berita acara serah terima barang ini diadakan oleh masing-masing pihak. Adapun barang-barang tersebut kondisinya normal dan baik. Semenjak penandatanganan dari berita acara ini, maka barang tersebut telah menjadi tanggung jawab oleh PIHAK KEDUA, memelihara, merawat dengan baik, dan dipakai untuk kebutuhan.

Yang Menyerahkan :              Yang Menerima :

PIHAK PERTAMA                  PIHAK KEDUA

 

(………………………..)          (………………………..)

 

Demikianlah contoh berita acara dari serah terima barang. Dengan demikian saat ada kesalahpahaman di masa akan datang bisa terselesaikan secara baik-baik. Paling penting adalah tidak ada pihak yang dirugikan. Karena itu adalah salah satu tujuan dibuatnya berita acara serah terima barang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here