Transmisi Lokal Omicron, Diketahui Sempat Makan di Restoran SCBD

Studi Temukan 3 Gejala Umum Corona Varian Delta

Jakarta, KabarBerita.id — Kemenkes mengatakan salah satu pasien positif virus corona varian Omicron transmisi lokal mengunjungi salah satu restoran di kawasan SCBD, pada 17 Desember 2021.

Kasus baru transmisi kokal ini merupakan seorang pria warga kota Medan. Ia tiba di Jakarta pada 17 Desember dan sempat mengunjungi restoran SCBD, ujar Siti Nadia Tarmizi selaku Direktur P2PML Kemenkes.

Satu kasus transmisi lokal varian omicron baru terdeteksi di Jakarta. Ia merupakan pria berusia 37 tahun yang tak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir, dan tak ada kontak dengan orang perjalanan luar negeri.

Nadia mengatakan, setelah berada di jakarta sekirar dua pekan, pasien itu hendak pulang ke Medan dan kemudian melakukan tes antigen padw 19 Desember. Pasien kemudian dinyatakan positif Covid-19.

Berdasarkan pemeriksaan WGS pada tanggal 26 Desember, telah dipastikan bahwa yang bersangkutan terpapar virus Omicron yang kemudian ia langsung diisolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

“Saat ini Dinkes sudah berkoordinasi dengan dinas parekraf untuk melakukan tracing di tempat yang didatangi oleh yang bersangkutan,”ujar Nadia.

Total kasus positif covid varian Omicron menjadi 47 orang. 46 kasus merupakan kasus yang tertular dari luar negeri, dan satu lainnya merupakan kasus transmisi lokal.

Mereka juga menjalani isolasi di RSDC Wisma ATLET RSPI Sulianti Saroso.

Akan tetapi ada satu pasien yang mendapat dispensasi karantina. Pasien bisa keluar lebih cepat yakni dari batas waktu karantina 10 hari bagi yang melakukan perjalanan dari luar negeri.

Tinggalkan Balasan