Tips Cepat Atasi Diare

  • Bagikan
Ilustrasi Diare

Jakarta,KabarBerita.id -– Diare ialah penyakit yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Sering BAB berair, merasakan sakit perut,serta perut kembung merupakan gejala yang biasa dialami.

Diare merupakan bentuk cara tubuh dalam mengatasi gangguan pada sistem pencernaan,yang mana gangguan ini bisa menyerang kapan saja, terkadang tidak mengenal waktu dan tempat yang tepat.

Oleh karena itu kita sering merasa tidak nyaman dan ingin segera menghentikan menghentikannya. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi diare dengan cepat.

1. Mengonsumsi obat anti diare

Beberapa orang menganggap diare merupakan gangguan ringan yang akan sembuh dengan sendirinya. Biasanya kita akan memilih untuk banyak minum cairan atau elektrolit agar mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun,ada cara lain yang dinilai lebih cepat untuk bisa menghentikan diare, yakni dengan mengonsumsi obat anti diare.

Kita bisa mencari produk obat antidiare yang mengandung bahan loperamide dan bismuth subsalicylate. Bahan aktif yang bekerja di dalam kandungan loperamide dapat memperlambat gerakan usus sehingga membuat feses menjadi lebih cepat padat.

Sementara cara kerja dari bismuth subsalicylate ialah dapat memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.

2. Pemanfaatan air beras (tajin)

Air beras atau air tajin dinilai juga menjadi salah satu obat yang cepat dan efektif dalam mengatasi diare.

Mencegah dehidrasi serta mengurangi durasi diare ialah manfaat yang yang akan dirasakan jika mengkonsumsi air tajin. Hal tersebut dikarenakan air tajin memiliki efek yang dapat mengikat di dalam saluran pencernaan sehingga dapat menghasilkan tinja lebih cepat.

3. Mengonsumsi probiotik

Baik suplemen maupun makanan probiotik seperti yoghurt dinilai dapat menghentikan diare dengan cepat. Terkadang ketidakseimbangan bakteri di usus merupakan penyebab terjadinya diare.

Probiotik memiliki jumlah bakteri baik yang lebih tinggi sehingga dapat membantu pemulihan keseimbangan. Oleh karena itu tu fungsi usus akan meningkat menjadi normal dan durasi diare menjadi lebih pendek.

4. Mengonsumsi antibiotik

Diare juga bisa terjadi karena adanya bakteri atau parasit di dalam makanan atau air yang telah terkontaminasi. Yang mana hal ini memerlukan antibiotik dalam proses penyembuhannya.

Namun,antibiotik tidak efektif jika yang menyebabkan diare ialah infeksi virus. Bagi seseorang yang ingin mengonsumsi antibiotik untuk proses penyembuhan diare,disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Menerapkan konsume diet BRAT

BRAT merupakan singkatan dari bananas (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel), dan toast (roti panggang). Penerapan diet ini diyakini bisa mengatasi diare dengan cepat.

Sifat hambar,bertepung, dan rendah serat dari makanan BRAT dianggap efektif. Makanan-makanan ini Dapat mengikat di dalam saluran pencernaan sehingga membuat feses menjadi lebih padat.

Adapun manfaat lainnya, karena rasanya yang hambar akan cenderung tidak mengiritasi perut.

Selain BRAT, kita juga bisa menikmati beberapa makanan seperti biskuit asin,kentang,dan kaldu bening sebagai cara mengatasi diare dengan cepat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan