Tak Hanya Kelamaan Sendiri, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Lemot

Jakarta, KabarBerita.id — tidak jarang seseorang mengalami saat saat di mana mereka tidak dapat berfikir jernih. Ada beberapa kebiasaan yang membuat lemot.

Banyak yang tidak bisa mengingat hal mudah seperti di mana terakhir mereka meletakkan ponsel atau sekedar jadwal harian mereka.Apa saja kebiasaan yang menyebabkan kabut otak?

kabut otak terjadi ketika mengalami kelelahan mental. Ketika otak merasa lelah, maka otak tidak dapat berfungsi dengan sempurna dan dapat mempengaruhi kemampuan berfikir jernih serta kemampuan untuk fokus mengingat akan sesuatu

Tidak hanya itu, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan hal yang dapat merusak otak. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa kebiasaan yang memicu otak menjadi lemot.

Otak mengontrol semua yang ada lakukan sehingga penting untuk menjaga dan membuang kebiasaan buruk yang dapat merusak otak.

dilansir berbagai sumber berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang sering dilakukan namun justru dapat membuat otak lemot dan hilang fokus.

1. Kurang tidur

Menurut CDC, sepertiga orang dewasa tidak mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur sesuai yang direkomendasikan. Sebuah penelitian menemukan bahwa keterampilan kognitif seperti memori dan pemecahan masalah bisa menurun ketika orang tidak cukup tidur.

2. Stres kronis

Stress kronis bisa membunuh sel sel otak dan mengerdilkan korteks prefrontal atau area yang bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran. Kurangi stres dengan meditasi atau olahraga yang dapat membantu ketika otak terasa.

3. Terlalu sering duduk

Studi menemukan bahwa terlalu banyak duduk dapat mengakibatkan perubahan di bagian otak yang penting untuk memori. Para peneliti menggunakan pemindaian MRI untuk melihat lobus temporal medial (MTL), wilayah otak yang membuat ingatan baru, pada orang berusia 45 hingga 75 tahun.

4. Jarang bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Tersendiri atau kesepian terkait dengan depresi dan resiko Alzheimer yang lebih tinggi dan dapat mempercepat penurunan kognitif.

5. Mendengarkan musik terlalu kencang

Mendengarkan musik melalui earphone memang menyenangkan. Namun tidak dengan volume yang tinggi karena dapat merusak pendengaran secara permanen hanya dalam 30 min.

6. Kurang minum

Dehidrasi merupakan penyebab utama dari otak yang kehilangan fokus. Tidak cukup minum air dapat menyebabkan energi rendah serta sakit kepala dan ketidakseimbangan hormon.

Manusia perlu minum 50 hingga 75% dari berat badan tergantung pada iklim dan tingkat aktivitas masing masing.

Tinggalkan Balasan