Berita  

Sosok Greta Thunberg, Sosok yang Maki-maki Pemimpin Dunia di PBB

“Teganya kalian. Kalian mencuri mimpi dan masa kecilku dengan omong kosong kalian,” ujar seorang gadis berkepang dengan emosi meluap dan mata berkaca-kaca.

Di hadapannya, duduk delegasi pemimpin dunia yang menghadiri konferensi tingkat tinggi soal iklim di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat, pada Senin (23/9).

Gadis berkepang itu adalah Greta Thunberg. Umurnya masih 16 tahun, tapi berani memaki delegasi dunia di panggung PBB.

Thunberg geram karena masa kecilnya terenggut demi menyuarakan bahaya perubahan iklim, sementara para pejabat dunia hanya bisa mengumbar janji.

“Saya seharusnya tidak di sini. Saya seharusnya di sekolah. Namun, kalian menumpukan harapan kalian ke anak-anak muda. Beraninya kalian,” tutur Thunberg.

Remaja asal Swedia itu memang rutin bolos sekolah setiap Jumat sejak Agustus 2018. Saat itu, Thunberg izin tak masuk sekolah hanya untuk berdiri di depan gedung parlemen Stockholm sambil memegang spanduk bertuliskan “Tindakan lebih kuat untuk iklim.”

Thunberg tak mau angkat kaki dari depan gedung parlemen. Ia bersumpah akan terus menggelar demonstrasi hingga Swedia memenuhi target pengurangan emisi yang tercantum dalam Kesepakatan Paris.

Di pekan-pekan berikutnya, setiap Jumat ia mengajak teman-temannya untuk melakukan aksi serupa hingga akhirnya demonstrasi itu meluas dan dikenal dengan nama Fridays for Future.

Nama Thunberg terus melambung sampai-sampai ia diundang untuk berbicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB 2018. Sejak saat itu, gelombang gerakan Thunberg menggulung ribuan kota di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan