Semarakkan Kegiatan Ibadah, Pemko Bukittingi Selenggarakan Pesantren Ramadhan Untuk Pelajar

Bukuttingi, KabarBerita.id — Dalam menyemarakkan aktivitas ibadah di bulan Ramadan ada sebanyak 5000-an pelajar SMP serta madrasah se-Kota Bukittinggi ikuti program Pesantren Ramadhan 1433 H selama tiga hari, 5 hingga 7 April.

Pelaksanaan Pesantren Ramadhan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bukittinggi, di Masjid Al Barkah Belakang Balok.

Kepala Disdikbud Kota Bukittinggi Melfi Abra, menjelaskan, kegiatan Pesantren Ramadhan ini diikuti sebanyak 5673 pelajar se-Bukittinggi yang pelaksanaannya tersebar di 24 mesjid dan musala di Bukittinggi.

Kegiatan ini, terselenggara berkat kerjasama Disdikbud, Kemenag, MUI dan LKAAM Bukittinggi.

Ketua MUI Bukittinggi, Aidil Alfin, yang turut hadir dalam acara pembukaan menyampaikan, Pesantren Ramadhan tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-10 kalinya sejak tahun 2012 lalu dan sempat terhenti karena pandemi Covid 19.

Alfin menjelaskan, tema pengajaran pada kegiatan ini adalah pembentukan karakter berbasis akidah serta falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Sementara, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dalam sambutannya menyampaikan, Pesantren Ramadhan ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menyemarakkan bulan Ramadhan dengan kegiatan keagamaan. Pesantren Ramadhan menjadi upaya memberikan dasar pada generasi muda untuk meningkatkan iman dan takwa para pelajar.

Wako menambahkan, untuk tahun ajaran baru nanti, pelajar SMP Negeri di Bukittinggi akan lebih lama di sekolah. Karena akan mendapatkan tambahan lima mata pelajaran  muatan lokal, yakni: aqidah akhlaq, fiqih, bahasa Arab, sejarah Islam dan budaya adat Minangkabau.

Tinggalkan Balasan