Berita  

Selandia Baru Rayakan Tahun Baru dengan Pesta Kembang Api

Jakarta, KabarBerita.id — Selandia Baru merayakan malam tahun baru 2021 dengan pesta kembang api. Warga berkumpul di Auckland untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.
Dilansir dari AFP, Jumat (1/1), Selandia Baru mendapatkan pujian dari dunia internasional atas keberhasilan menekan pandemi virus corona di bawah kepemimpinan Jacinda Ardern.

Selama beberapa waktu terakhir, jumlah kasus corona nol di negara dengan ibu kota Wellington itu. Kehidupan masyarakat juga relatif sudah kembali ke kondisi normal meski terisolasi oleh penutupan batas internasional.

Setidaknya, negara itu menerapkan tiga kebijakan untuk menekan penyebaran covid-19. Yakni memperketat pengawasan di perbatasan; menerapkan penguncian wilayah serta menjaga jarak untuk mencegah penularan di masyarakat; dan tekun menggelar pemeriksaan, penelusuran kontak, hingga karantina.

Pertunjukan kembang api juga digelar di Harbour Bridge Opera House Sydney, Australia. Namun, berbeda dengan Selandia Baru, pesta hitung mundur pergantian tahun di kota terbesar negeri kanguru digelar tanpa kerumunan warga.

Hanya sedikit orang yang beruntung diizinkan untuk menyaksikan pertunjukan secara langsung. Rencana untuk mengizinkan kerumunan dibatalkan karena kasus baru virus corona masih bermunculan di kota itu.

“Saya rasa setiap orang melihat 2021 sebagai permulaan baru,” ujar Karen Roberts, satu dari sedikit warga Sydney yang beruntung diizinkan menyaksikan pertunjukan secara langsung kepada AFP.

Sementara itu, pemerintah Indonesia mendorong warga untuk tetap di rumah dalam merayakan tahun baru 2021. Sejumlah daerah juga melarang kerumunan warga dan pesta kembang api pada malam tahun baru untuk mencegah lonjakan kasus virus corona.

Tinggalkan Balasan