Viral  

Viral! Foto Ka’bah Tanpa Kiswah

Kiswah Ka’bah

Kabar Berita.id – Sebuah foto langka beredar di dunia maya menunjukkan bentuk Ka’bah di Mekkah tanpa kiswah. dilansir dari Alarabia, foto tersebut merupakan gambar langka yang diambil pada tahun 1940 lalu.

Eksterior bata merah ka’bah terlihat jelas sebelum dihias dengan kiswah, penutup ka’bah yang selama ini banyak orang tahu. dilaporkan media tersebut, jika kiswah yang digunakan itu menghabiskan biaya 22 juta riyal atau sekitar 79 miliar rupiah.

Tak hanya itu, pengerjaan kiswah juga membutuhkan kerja keras selama 10 bulan. Kiswah dibuat di Arab Saudi dengan menggunakan sutera murni seberat sekitar 670 kilogram dan 10 kilogramnya kabel perak berlapis emas halus yang mengelilingi seluruh Ka’bah.

Kiswah terdiri dari 47 gulungan, masing-masing dengan panjang 14 meter, dan lebar 95 sentimeter. di kiswah tertulis beberapa ayat Alquran. Manajer umum pabrik pembuatan kiswah Ka’bah Dr Mohammed Abdullah Bajuda mengatakan bahwa penggantian kiswah biasanya dilakukan setiap tahun dengan dimulainya bulan Zulhijah dari kalender Islam.

Kiswah baru ini diterima dalam sebuah upacara tertentu yang diadakan khusus. Pada tanggal 9 bulan yang sama saat fajar, kiswah lama diganti, dan yang baru kemudian ditempatkan di atas tempat suci.

Proses ini berlanjut sampai salat Asar. kiswah tua tersebut kemudian dibawa kembali ke pabrik dan disimpan dengan aman.

Lebih dari 240 petugas dan staf administrasi bekerja di pabrik tersebut, terlibat dalam pembuatan kiswah itu. pabrik itu dilengkapi dengan mesin canggih, bahkan memiliki mesih jahit terbesar di dunia dengan ketinggian 16 meter.

Sumber : Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan