Berita  

Politisi PDIP Penganiaya Warga tak Ditahan, Massa Geram

Buton, KabarBerita.id — Sikap polisi yang tidak segera menahan Wakil Ketua DPRD Buton Utara sekaligus politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Afif Darvin terkait kasus penganiayaan menuai protes warga.

Ratusan warga yang tergabung dalam Kerukunan Mahasiswa Butorn Utara menggelar aksi demo di Mapolda Sultra, Jumat (22/11).

Massa mendesak polisi segera menahan Afif setelah menganiaya dua warga, Almin Hidayat dan Rahman. Harlan, koordinator aksi menilai polisi tidak tegas terhadap pelaku.

“Harusnya polisi memberikan rasa keadilan kepada korban. Kami minta Polda Sultra untuk memerintahkan Polres Muna segera menahan pelaku penganiayaan,” kata Harlan dalam orasinya di Kendari, Jumat (22/11).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sultra La Ode Aries Elfatar menyebut penahanan terhadap tersangka tidak wajib karena telah melakukan perbuatan melawan hukum. Ia menyebut, penyidik memiliki pertimbangan objektif dan subjektif untuk menahan tersangka.

Diantaranya, pelaku tidak mengulangi perbuatannya, tidak menghilangkan barang bukti dan tidak melarikan diri.

“Kita tidak hanya melihat dalam sisi unsur objektifnya bahwa perbuatan pidana ini diancam lima tahun penjara, tapi dari sisi pelaku bahwa apakah pelaku mengulangi perbuatannya, menghilangkan barang bukti atau melarikan diri, ini wajib dipertimbangkan untuk melakukan penahanan,” ucap La ode.

Tinggalkan Balasan