Berita  

PM Irak Umumkan Kemenangan atas ISIS

Baghdad, KabarBerita.id — Perdana Menteri Irak Hayder al Abadi mengumumkan kemenangan atas kelompok IS di Tal Afar dan segenap propinsi Niniwe pada Kamis, meskipun pertempuran masih berlanjut di al-Ayadiya.

Tal Afar menjadi sasaran berikutnya dalam perang yang didukung AS melawan kelompok IS, setelah mereka berhasil merebut kembali Mosul, tempat kelompok pemberontak itu menyatakan “kekhalifahan” atas beberapa daerah di Irak dan Suriah pada 2014.”Tal Afar telah dibebaskan,” kata Abadi dalam pernyataan.

“Kami katakan kepada petempur IS bahwa dimanapun kalian berada, kami akan melawan dan kalian tidak punya pilihan selain menyerah atau mati,” tambahnya.

Kekalahan di Mosul, ibu kota propinsi Niniwe, menandai salah satu kemunduran dalam serangkaian peristiwa yang mengakibatkan berkurangnya wilayah kekuasaan kelompok tersebut.

Namun para pemberontak masih menguasai daerah di kedua sisi perbatasan Suriah-Irak, termasuk di Hawija, sebuah kota yang terletak di antara Mosul dan Baghdad. Para pejabat Irak mengatakan bahwa kota tersebut akan menjadi sasaran serangan pasukan gabungan berikutnya.

Tentara Irak menjatuhkan jutaan lembar edaran di Hawija pada Kamis, untuk memperingatkan warga bahwa sedang mempersiapkan sebuah serangan untuk merebut kota tersebut dari kelompok IS, kata militer dalam pernyataan.

Pasukan Irak menunggu hingga selesai membersihkan al-Ayadiya, 11 kilometer sebelah barat laut Tal Afar, sebelum akhirnya menyatakan kemenangan penuh dalam operasi serangan.

Divisi dari tentara Irak dan polisi federal, dengan dukungan dari paramiliter Syiah, merebut kembali al-Ayadiya pada Kamis, setelah beberapa hari melakukan pertempuran sengit, kata para perwira militer.

 

Tinggalkan Balasan