PKS Klaim JIS Sudah Standar FIFA

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz mengklaim bangunan internal Stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangun pada masa mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah di atas standar FIFA.

Hal ini ia sampaikan terkait rencana pemerintah pusat yang ingin merenovasi stadion ini untuk diajukan ke FIFA sebagai salah satu venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

“Jangan rumputnya diotak-atik, bangunan internal diotak-atik. Karena bangunan sudah di atas standar FIFA ya gitu,” kata Abdul, Selasa (4/7).

Baginya pemerintah seharusnya melakukan penambahan pelbagai fasilitas di bagian luar stadion yang selama ini kurang memadai.

Ia mencontohkan pemerintah dapat menambah tempat parkir di sisi luar stadion hingga penambahan ruas jalan.

“Catatan kami ada beberapa memang, soal toilet. Toilet itu memang sudah standar FIFA ya. Tp kita sebagai negara muslim saya bilang sama Jakpro ini standar FIFA betul, tapi kita sebagai negara muslim bagaimana tak meninggalkan waktu solat,” kata dia.

“Kalau pintu masuk masih oke lah. Tapi rumput sudah standar FIFA lah,” tambah dia.

Abdul mengapresiasi bila pemerintah pusat dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono nanti ingin penambah fasilitas di sekitar JIS. Baginya, situasi ini sebagai upaya keberlanjutan antara satu gubernur ke gubernur berikutnya.

“Kita apresiasi selama penambahan fasilitas itu di luar gedung yang sudah ada. Tempat parkir. Jalan, toilet. Ada kesinambungan lah. Pj. Gubernur sekarang tambah fasilitas agar stadion itu bisa digunakan masyarakat luas,” kata dia.

Pemerintah melalui Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Menpora Dito Ariotedjo mengungkapkan rencana renovasi stadion JIS untuk salah satu venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

Basuki mengatakan JIS dibangun sesuai standar FIFA mengacu lampu, rumput, dan struktur stadion. Namun di sisi lain ada kekurangan dari segi akses karena stadion standar FIFA memiliki empat pintu sedangkan JIS hanya memiliki satu pintu. Basukijuga mengkritik rumput

Basuki dan Dito juga menyoroti lahan parkir di JIS. Ini lantaran bus tidak bisa masuk ke area dekat stadion begitu pula dengan aksen keluar masuk di sisi barat dan timur.

Tinggalkan Balasan