Pesawat Kini Sepi Penumpang, Kemenhub Bantah karena Tiket Naik

0
1,094 views

Jakarta, KabarBerita.id — Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti angkat bicara perihal perkembangan terkini bisnis penerbangan Indonesia.

Seperti diketahui, baru-baru ini ramai kabar sepinya penumpang Lion Air rute Padang Jakarta yang disebut hanya mengangkut tiga penumpang pada Jumat (8/2/2019).

Hal itu memicu diskusi bahwa bisnis penerbangan terimbas mahalnya tarif tiket pesawat hingga keberadaan kebijakan bagasi berbayar.

Pola Pramesti mengatakan bisnis penerbangan memiliki siklus tersendiri. Misalnya ada musim sepi (low season) dan musim sibuk (peak season).

Low season biasanya terjadi di pertengahan januari sampai bulan Febuari. Penumpang didominasi oleh pebisnis dan pekerja, sementara penumpang dengan keperluan “pleasure” atau wisatawan menurun.

Sedangkan peak season biasanya terjadi di tengah tahun, saat liburan sekolah dan akhir tahun saat liburan natal dan tahun baru. Ada juga puncak peak season yang khusus terjadi di Indonesia yaitu libur Lebaran.

“Penurunan penumpang, hampir terjadi setiap tahun, memang kondisi low season yang merupakan siklus tahunan, yaitu Januari, Februari, dan Maret baru mengalami peningkatan,” tutur Polana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here